Cucak Rumbai Tungging Yang Mirip Kapas Tembak

- 12:57 PM

Cucak Rumbai Tungging Yang Mirip Kapas Tembak

 
Di pasar-pasar burung terkadang kita melihat ada spesies burung yang dijual yang dengannya penampilan mirip kapas tembak. Umumnya para pedagang memberinya bermacam-macam nama, akan tetapi begitu nama asli spesies ini merupakan cucak rumbai tungging yang cuma didapati di wilayah Sumatera serta Kalimantan.
Cucak rumbai tungging
Akan tetapi demikian, spesies burung ini kini berada dalam status hampir terancam.
Cucak rumbai tungging dalam bahasa Inggris dikenal yang dengannya nama Puff-backed bulbul (Pycnonotus eutilotus.), spesies burung ini berasal dari keluarga cucak-cucakan ataupun Pycnonotidae semisal halnya kapas tembak, trucukan serta cucak jenggot.
Burung ini mempunyai tubuh berukuran tengah yakni sekitar 20 cm panjangnya. Bulu di tubuhnya berwarna coklat yang dengannya jambul yang cukup lebat di kepalanya. Tubuh bagian bawah berwarna keputih-putihan tersapu abu-abu serta tungging berwarna kuning-tua. Pada bagian ekornya umumnya terdapat warna putih yang khas di bagian ujungnya.
Ada dua jenis burung cucak rumbai tungging yang dengannya penampilan yang berbeda bergantung daerah asal penyebarannya. Burung yang tersebar di Kalimantan biasanya mempunyai jambul yang lebih pendek, sedangkan ras Sumatera rata-rata memiliki tubuh bagian bawah yang berwarna lebih pucat. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyebaran secara global, cucak rumbai tungging mampu didapati di Malaysia, Burma serta Thailand, sedangkan di Singapura telah dinyatakan punah sejak tahun 1836.
Cucak rumbai tungging biasanya didapati di daerah bersemak serta di pinggiran hutan pada lapisan bawah serta sedang dari tajuk pohon. Suka terlihat di hutan-hutan sekunder sampai-sampai ketinggian 400 mdpl bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari makanan yang berupa buah-buahan lebih-lebih berry serta pula serangga.
Meskipun secara global spesies burung ini tak berada dalam ancaman, akan tetapi di beberapa wilayah penyebarannya cucak rumbai tungging masuk dalam status Hampir Terancam (NT). Selain maraknya perburuan serta penangkaran liar terhadap spesies ini, hilangnya daerah asal serta alih fungi hutan menjadi satu dari sekian banyaknya penyebab makin terancamnya kelangsungan hidup burung yang mempunyai bunyi nyaring serta ramai ini.
Berikut bunyi kicauan cucak rumbai tungging
Mudah-mudahan memberikan manfaat Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2015/09/cucak-rumbai-tungging-yang-mirip-kapas.html.

Seputar Cucak Rumbai Tungging Yang Mirip Kapas Tembak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cucak Rumbai Tungging Yang Mirip Kapas Tembak