Kipasang Belang Si Burung Aktif Yang Sulit Dipelihara

- 10:15 AM

Kipasang Belang Si Burung Aktif Yang Sulit Dipelihara

 
Kipasang belang ataupun pied fantail (Rhipidura javanica) yang dalam bahasa melayu disebut burung murai gila merupakan burung yang Amat aktif. Burung yang mempunyai ekor berbentuk semisal kipas ini relatif sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijinakkan, malah banyak sekali penggemar burung yang gagal dalam memelihara ataupun merawatnya.

Burung yang bagi sebagian kalangan disebut menjadi burung srikatan ini memanglah mempunyai karakter yang gesit serta tidak lebih bersahabat, menjadikan tidak sedikit penggemar burung yang enggan memeliharanya. Selain itu burung kipasan belang merupakan satu dari sekian banyaknya jenis burung yang dilindungi, menjadikan walaupun di habitatnya spesies burung ini masih cukup berlimpah akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelangsungan serta kelestarian populasi burung ini sebaiknya kita mentaati aturan pemerintah yang telah di sebutkan yang dengannya tak menangkap ataupun memeliharanya.
Burung kipasan belang mempunyai bunyi kicauan yang kasar yakni berupa crecetan panjang, yang lebih Suka dikicaukannya pada tatkala terbang. Burung yang adalah jenis burung pemakan serangga ini mempunyai penyebaran global meliputi Semenanjung Malaysia, Filipina serta Sunda Besar, yakni Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, serta Lombok.

Kipasan belang mempunyai tubuh berukuran tengah yakni sekitar 19 cm, serta lebih Suka di temukan di daerah terbuka, lebih-lebih di pekarangan, hutan mangrove, perkebunan, hutan sekunder, yang tersebar sampai-sampai ketinggian 1.500 meter. Burung ini merupakan burung yang Amat aktif, orang-orang Suka beralih dari satu tenggeran ke tenggeran lain-lainnya, serta kadang terlihat sendirian ataupun berpasangan, akan tetapi Suka pula bersama kelompok keluarganya ataupun kelompok campuran burung lain-lainnya.

Musim kawin burung kipasan belang jatuh pada bulan Maret - Mei, serta April - Juni. Pada musim berkembangbiak orang-orang akan membangun sarang yang berbentuk cawan yang terbuat dari tumbuhan halus yang direkatkan yang dengannya jaring lab-laba pada dahan yang ramping ataupun disela-sela tumbuhan merambat. Sarang rata-rata berada tak jauh dari permukaan tanah, serta telurnya umumnya berjumlah dua butir telur yang berwarna kuning tua yang dengannya bintik abu-abu.
Berikut beberapa bunyi kicauan dari burung kipasan belang yang mampu kamu download:
  • Bunyi kipasan belang variasi 1 | DOWNLOAD
  • Bunyi kipasan belang variasi 2 | DOWNLOAD
  • Bunyi kipasan belang variasi 3 | DOWNLOAD

Mudah-mudahan memberikan manfaat serta Salam kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/07/kipasang-belang-si-burung-aktif-yang.html.

Seputar Kipasang Belang Si Burung Aktif Yang Sulit Dipelihara

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kipasang Belang Si Burung Aktif Yang Sulit Dipelihara