Penyebab Dan Mengatasi Kebotakan Pada Kenari

- 1:39 AM

Penyebab Dan Mengatasi Kebotakan Pada Kenari

 
Permasalahan kenari yng botak ataupun rontok dan tak tumbuh bulu lagi, adalah permasalahan yng umum dihadapi oleh penangkar burung khususnya kenari. kenari betina yng telah produksi dua - tiga kali umumnya yng Suka mengalami masalah kebotakan yang telah di sebutkan.
Penyebab kebotakan pada kenari itu sendiri mampu penyebabnya yaitu oleh beberapa hal , misalnya lantaran kutu ataupun tungau, infeksi jamur dan bakteri pada kulit dan bulunya, burung yng mengalami kondisi stress ataupun terlalu birahi menjadikan mencauti bulunya sendiri da pula penyebabnya yaitu oleh burung yng kekurangan iodium.
Mengatasi masalah kebotakan pada kenari
Selama ini makanan yng Suka diberikan pada burung semisal kenari maupun finch kebanykan mempunyai kekurangan kandungan iodium, disaat iodium ditambahkan secukupnya ke pola makanannya, beberapa minggu lantas mampu dipastikan bulu-bulu jarum akan mulai tumbuh pada bagian tubuh burung yng mengalami kebotakan yang telah di sebutkan.
Terdapat beberapa tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan iodium ini dalam makanan, yakni :
  • Menambahkan parutan tulang sotong pada makanan ataupun sayuran hijau yng diberikan pada burung yng mengalami kondisi kebotakan yang telah di sebutkan, Tulang Sotong dan Tulang Tiram adalah sumber iodium yng bermanfaat bagi kebutuhan kalsium dari burung salah satunya iodium.
  • Memberikan Suplemen mineral , andai cara-cara diatas masih belum cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk bulu-bulu baru burung tumbuh kembali, maka langkah selanjutnya merupakan memberikan larutan Mineral yng memiliki kandungan tidak sedikit unsur semisal kalsium, Iodium, phosphor, Kalium dan seluruh zat yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembalikan kondisi burung semisal semula.

Andai sesudah 3 minggu menerapkan cara-cara diatas dan burung masih belum pula menumbuhkan bulu jarumnya maka kebotakan yang telah di sebutkan berlangsung bukan lantaran kekurangan Iodium, dan itu berguna ada masalah hormon dalam tubuh burung betina yang telah di sebutkan ataupun masalah yng mungkin berlangsung lantaran :
  • Kekurangan Nutrisi : Adalah alasan utama penyebab kebotakan pada burung betina.
  • Dalam masa meloloh anakan: Indukan yng tengah memberikan makan anaknya akan kehilangan beberapa bulu di sekeliling paruhnya.
  • Infeksi Bakteri :
    Infeksi tungau, Bakteri, Jamur dan Parasit mampu memicu beberapa bulu berjatuhan dan pada sebagian tempat akan tampak kebotakan yng merata. bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobatinya burung sebaiknya disimpan dalam sangkar karantina dahulu lantas dibersihkan/disemprot yang dengannya FreshAves begitu pula yang dengannya sangkarnya yng Perlu dibersihkan dahulu yang dengannya FeshAves bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan bakteri ataupun parasit lain yng menempel pada sangkar begitu pula
  • Serangan Tungau Kantung Udara :
    Infeksi tungau kantung udara ( Air Sac Mite ) pula adalah komplikasi mungkin terjadinya kebotakan pada burung lantaran burung berada dibawah garis stress. andai burung di kenai infeksi tungau yang telah di sebutkan maka jalan satu-satunya merupakan memberikan pengobatan secepatnya lantaran hal yang telah di sebutkan mampu memberikan efek yng negatif terhadap perkembangan kesehatannya salah satunya diantaranya merupakan tak mampu bersuara. pengobatan infeksi yang telah di sebutkan mampu mempergunakan produk dari omkicau yakni BirdFresh yng dioleskan pada bagian leher dari burung yang telah di sebutkan.

Pengembang biakan ataupun penangkaran ini tak akan barangkali di lakukan andai burung betina mengalami kebotakan, dikarenakan orang-orang tak masuk dalam kondisi Breeding / siap berkembang biak.
Pada awal mulanya cuma sebagian kepalanya saja yng mengalami kebotakan namun andai tak diambil tindakan yang dengannya segera maka seluruh kepalanya akan menjadi botak.
Yang dengannya langkah pencegahan dan pengobatan semisal sudah disebutkan diatas, dan sesudah burung mulai menumbuhkan bulu barunya, burung betina tersebutpun telah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkembang biak.
mudah-mudahan berguna
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2013/04/penyebab-dan-mengatasi-kebotakan-pada.html.

Seputar Penyebab Dan Mengatasi Kebotakan Pada Kenari

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penyebab Dan Mengatasi Kebotakan Pada Kenari