Remetuk Laut Burung Kecil Bersuara Merdu

- 2:56 PM

Remetuk Laut Burung Kecil Bersuara Merdu

 
Remetuk laut (Gerygone sulphurea) merupakan spesies burung liar yng mempunyai bunyi kicauan cukup merdu. Spesies burung dari keluarga Acanthizidae ini adalah jenis burung yng cukup umum di temukan di beberapa daerah di Indonesia. Dahulu bunyi merdu burung remetuk laut Suka mampu didengarkan di rumpun-rumpun semak yng berada di sepanjang peredaran sungai, akan tetapi kini kemerduan remetuk laut perlahan menghilang seiring terusiknya tempat asal orang-orang.

Remetuk laut merupakan burung kecil yng berukuran 9-10 cm, burung ini gampang diidentifikasi dari warna kekang putihnya yng khas, bagian atas yng berwarna coklat keabu-abuan, dagu yng putih, tenggorokan kuning terang, dan bagian dada sampai-sampai perut yng berwarna kuning-terang.
Terdapat lima subspesies dari burung remetuk laut yng mempunyai penyebaran yng meliputi Filipina, Sulawesi, Semenanjung Malaysia, serta Sunda Besar. Ke-5 subspesies yang telah di sebutkan merupakan:
  • Gerygone sulphurea sulphurea tersebar di Semenanjung Malaysia, Cochinchina, Sunda besar serta kecil.
  • Gerygone sulphurea muscicapa tersebar di P. Enggano.
  • Gerygone sulphurea flaveola tersebar di Sulawesi, Salayar, serta Kep. Banggai.
  • Gerygone sulphurea rhizophorae tersebar di Filiphina selatan.
  • Gerygone sulphurea simplex tersebar di bagian utara, barat, serta sedang Filiphina.
Burung remetuk laut Suka terlihat sendirian ataupun berpasangan. Lantaran ukurannya yng tak terlalu mencolok yang dengannya tubuh yng berukuran kecil, spesies burung ini tak gampang terlihat di antara rimbunan daun-daun semak serta pepohonan yng beraada di sepanjang peredaran sungai ataupun ditepian pantai, hutan mangrove, ataupun perkebunan karet serta hutan terbuka. Akan tetapi keberadaannya gampang dikenali dari bunyi kicauannya yng merdu yang dengannya bunyi yng bergetar serta mengalun laksana bunyi seruling.
Berikut beberapa bunyi kicauan dari burung remetuk laut:
Amat disayangkan memanglah kalau burung kecil yang dengannya bunyi kicauannya yng merdu ini Perlu tersingkir akibat rusaknya tempat asal orang-orang serta seringnya burung ini terusik.
Walau begitu yang dengannya melindungi kelestarian bersama maka ke hidup-an burung kecil ini akan tetap terjaga.
Mudah-mudahan memberikan manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/10/remetuk-laut-burung-kecil-bersuara-merdu.html.

Seputar Remetuk Laut Burung Kecil Bersuara Merdu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Remetuk Laut Burung Kecil Bersuara Merdu