Sepuluh Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Lengkap

- 4:57 PM

Sepuluh Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Lengkap

 
Tidak sedikit penggemar lovebird yng berterus terang mengalami kesulitan disaat membedakan jenis kelamin burung orang-orang yng akan diternak. Penampilan jantan dan betina burung lovebird memanglah mempunyai kemiripan satu percis lain-lainnya, menjadikan mampu menyusahkan orang yng berniat menangkarkannya.
Sepuluh cara membedakan lovebird jantan dan betina lengkap
Cara membedakan lovebird jantan dan betina

Penampilan burung lovebird jantan dan betina memanglah susah dibedakan lantaran mempunyai kemiripan satu percis lain-lainnya. Hal itu juga yng diakui oleh tidak sedikit penggemar lovebird yng berupaya menangkarkannya. Namun jangan keburu putus asa, lantaran didasari pengalaman para peternak lovebird di Indonesia, kita mampu membedakan lovebird jantan dan betina yang dengannya mengamati beberapa ciri-ciri yang akan di sajikan kali ini.
Secara umum, lovebird terbagi dalam tiga kelompok sesuai tingkat kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya. Ketiga kelompok yang telah di sebutkan merupakan:
Kelompok Dimorfik yng gampang dibedakan jenis kelaminnya. Kelompok ini terdiri dari jenis-jenis:
  • Black-winged lovebird ataupun Abyssinian lovebird (Agapornis taranta)
  • Madagascar lovebird (Agapornis cana)
  • Red-faced lovebird (Agapornis pullaria)

Kelompok Intermediate, yng cukup susah dibedakan. Jenis lovebird yng masuk dalam kelompok ini merupakan Black collared lovebird ataupun Agapornis swinderniana.
Kelompok Lovebird Kacamata, yng jenis kelaminnya tak konsisten menjadikan susah dibedakan. Burung-burung yng masuk dalam kelompok lovebird kacamata merupakan:
  • Lilian's lovebird / Nyasa lovebird (Agapornis lilianae)
  • Black-cheeked loveird (Agapornis nigrigenis)
  • Fischer's lovebird (Agapornis fischeri)
  • Masked lovebird ataupun Yellow-collared lovebird (Agapornis personatus)

Semisal pepatah "Pengalaman adalah Guru yang paling berharga", kini pengetahuan para peternak perihal cara membedakan jenis kelamin lovebird tidak banyak demi tidak banyak mulai terasah. Tidak sedikit dari orang-orang yng bisa atau mampu mengenali ciri-ciri lovebird jantan dan betina cuma yang dengannya mengamati perilaku dan penampilan fisik.
Terkait hal yang telah di sebutkan, agrobur.com merangkum 10 cara bagaimana membedakan jenis kelamin lovebird yng paling akurat.
1. Mengamati bentuk paruh
Bentuk paruh burung lovebird jantan biasanya lebih runcing dan lebih sempit, sedangkan bentuk paruh yng rata-rata dimiliki oleh lovebird betina berujung tumpul, besar dan melebar.
2. Mengamati bentuk fisik
Lovebird jantan memiliki ukuran tubuh yng lebih kecil daripada burung betina. Bagian kepalanya berbentuk papas ataupun cepak. Sedangkan lovebird betina mempunyai bagian kepala yng bulat.
3. Mengamati bentuk sayap
Ujung sayap yng dipunyai burung lovebird jantan akan terlihat menyilang, sedangkan ujung sayap pada burung betina tak menyilang / tak saling bertemu.
4. Mengamati bentuk ekor
Rata-rata ekor burung lovebird jantan berujung runcing / lancip sedangkan pada burung betina, ujung bulu ekornya cenderung merata.
5. Mengamati cara bertengger
Lovebird jantan biasanya bertengger yang dengannya kaki yng tidak banyak rapat, sedangkan betina bertengger yang dengannya kaki yng terbuka / melebar.
6. Mengamati jenis kelamin yang dengannya bandul
Pengganti lain yng dipakai peternak bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakan jenis kelamin lovebird merupakan mempergunakan pendulum ataupun bandul. Di sini peternak mempergunakan media logam ataupun cincin yng diikatkan pada seutas tali. Burung lovebird dipegang yang dengannya tangan kiri, sementara tangan yng lain memegang pendulum hingga bergerak.
Gerakan pendulum yang telah di sebutkan akan memberikan prediksi mengenai jenis kelamin lovebird yang telah di sebutkan. Cincin yng bergerak maju mundur menandakan kalau burung berjenis kelamin jantan, sedangkan andai gerakan cincin memutar maka itu pengertiannya lovebird yang telah di sebutkan berjenis kelamin betina.
Baca: Mengecek jenis kelamin burung yang dengannya pendulum
Metode pendulum ataupun bandul ini memanglah tak mampu dijadikan patokan yng tepat, dan lebih adalah prediksi saja. Akan tetapi metode ini diluar dugaan telah cukup umum digunakna para peternak di mancanegara selama berabad-abad.
7. Mengamati supit udang ataupun tulang supit
Burung jantan mempunyai tulang supit yng lebih sempit dan terasa tajam, sedangkan tulang supit betina lebih lebar dan lunak.
8. Mengamati perilaku
Perilaku lovebird jantan disaat masa birahi umumnya akan selalu terlihat manggut-manggut disaat berada dekat betinanya. Orang-orang pula akan mengeluarkan bunyi berupa " tik-tik-tik atau cit-cit-cit". Selain itu, lovebird jantan pula Suka terlihat berusaha melompai burung betina dan gemar mondar-mandir sembari memanggil pasangan.
Baca: Solusi lovebird kawin tangkringan
Burung jantan bisa juga dilihat dari yng pertama ataupun yng paling Suka memberikan makanan / meloloh pasangannya. Tanda-ciri lain yng cukup jitu merupakan lovebird jantan akan terlihat gesek tangkringan dan menaiki tubuh pasangannya.
9. Mengamati disaat membuat sarang
Disaat akan membuat sarang, burung lovebird betina merupakan yng paling aktif. Lovebird betina akan selalu terlihat Amat rajin mengumpulkan bahan-bahan sarang.
10. Melakukan uji DNA
Uji DNA merupakan hal yang terakhir yng bisa di lakukan andai peternak tetap terasa kewalahan membedakan jenis kelamin burung yng dirawatnya. Tes DNA akan memberikan keakuratan sebesar 100 % yang dengannya menguji sampel yng dibawa peternak, yakni bulunya.
Demikian 10 cara membedakan jenis kelamin lovebird yng paling lengkap. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk selanjutnya kamu bisa simak tips-tips lovebird lain-lainnya yang akan di sajikan kali ini:
Langkah gampang menjodohkan dan menangkarkan burung lovebird
Lima cara supaya lovebird cepat bertelur
Mudah-mudahan manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2017/02/10-cara-bedakan-lovebird-jantan-betina.html.

Seputar Sepuluh Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sepuluh Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Lengkap