Kenapa Indukan Murai Makan Telur Sendiri

- 7:24 PM

Kenapa Indukan Murai Makan Telur Sendiri

 
KENAPA INDUKAN MURAI MAKAN TELUR SENDIRI

KEBANYAKAN penangkar pernah mengalami hal ini, indukan murai batu memakan telurnya sendiri, mampu indukan yng jantan maupun indukan betina, tidak sedikit penyebab yng mampu menjadi penentu dari fenomena yang telah di sebutkan diantaranya yng pernah saya selidiki:
1. Indukan masih terlalu muda umur belum begitu matang bagi atau bisa juga dikatakan untuk berproduksiResiko mengawinkan indukan yng masih terlalu muda, umumnya indukan yang telah di sebutkan sering tak stabil serta belum matang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurus anak.
2.Indukan memasuki masa birahi terlalu cepat seusai proses bertelur terjadiBiasanya ini Suka berlangsung pada indukan jantan, indukan jantan yng terlalu birahi sering mengacak ngacak sarang serta mematuk telur, solusinya pisahkan pejantan tsb serta kurangi EF serta faktor lain yng menimbulkan birahi semisal di jauhkan dari betinanya, kurangi penjemuran dsb menjadikan tatkala di jodohkan nantinya birahi mampu di kontrol. Andai indukan betina yng terlalu cepat birahi umumnya enggan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerami telur serta sering mematuk telur pula.
3. Adanya predator pengganggu.Ramai sekali hewan pengganggu yng Suka berkunjung ke sarang MB diantaranya Semut Merah, Cicak, Kadal/ Bengkarung, tikus serta terkadang kecoa malah kodokpun Suka masuk ke sangkar MB meskipun tak hingga ke tempat telur akan tetapi hewan hewan ini mampu mengganggu ketenangan sang induk
4. Tempat bertelur tidak lebih nyamanSebisa barangkali buat 3 buah sarang yng berbeda tempat serta bentuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk mb bertelur, serta biarkan indukan yng memilihnya.
5. Sarang terlalu Panas.Hindari tempat sarang yng terlampau tinggi serta berhadapan langsung yang dengannya matahari siang andai telah terlanjur semisal itu keadaannya usahakan tutup bagian atas sarang yng langsung di kenai matahari siang.
6. Sarang di kenai kutu/hama lainBiasakan jangan terlalu lama serta terlalu tidak sedikit menyimpan material di sarang MB akibatnya material tsb lembab, basah serta berjamur akibatnya mendatangkan kutu kutu kecil serta hama lain yng tentu saja menganggu ketenangan indukan tatkala mengerami telur, biarkan indukan MB sendiri yng membuat sarang kita cuma menaburnya saja di tempat yng bersih..
7. Indukan tidak lebih kalsium serta gizi lainnyaKekurangan kalsium pada indukan pula mampu memicu indukan memakan telurnya sendiri, solusinya cukupi kebutuhan gizi indukan yang dengannya memberikan EF yng beragam serta vitamin bagi atau bisa juga dikatakan untuk MB/Breeding hal ini umumnya berlangsung pada indukan yng terlalu lama di pelihara dalam sangkar soliter serta tidak lebih gizi.
8. Terlalu Suka di gangguAda beberapa indukan yng tak berpengaruh apapun andai kita Suka melihat lihat sarangnya, akan tetapi kebanykan indukan butuh privasi dalam proses perkembangbiakan lebih-lebih tatkala mengerami telur, usahakan minimalkan kebiasaan menengok sarang, sebisa barangkali mengganti pakan 4 hari sekali/ seminggu dua kali. kalaupun ingin memantau perkembangannya boleh mempergunakan kamera cctv yng dipasang di sangkar penangkaran.
9. Terganggu indukan yng lainWalaupun jarang dialami penangkar, akan tetapi ada beberapa indukan betina akan Amat terganggu serta memakan telurnya sendiri andai mendengar pejantan lain yng gacor/ indukan lain-lainnya di sekeliling sarang, bagi atau bisa juga dikatakan untuk indukan semisal ini solusinya sangkar penangkaran tak mampu berdekatan yang dengannya sangkar MB yng lain-lainnya/ disendirikan.
10. Indukan betina terpisah yang dengannya pejantannya.Walau poligami mampu di lakukan dalam menangkar MB, akan tetapi ada beberapa indukan betina yng tak mampu di pisahkan yang dengannya pejantannya, solusinya biarkan pasangan indukan ini membesarkan anaknya bersama percis.
11. Pakan yng tidak banyak/ tidak lebih mencukupiSaat indukan memasuki masa produksi usahakan kebutuhan pakan lebih-lebih EF tetap terpenuhi lebih-lebih tatkala memasuki masa penetasan telur, kekurangan Pakan Amat barangkali membuat indukan membunuh anaknya sendiri/ mematuk telur yng tengah dierami.
12. Indukan memasuki masa mabungSangat barangkali berlangsung, andai indukan mendekati masa mabung akan tetapi tetap kita breeding indukan akan memakan telurnya dikarenakan secara insting indukan tak mampu beraktifitas lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk membesarkan serta memberikan makan anaknya. sebaiknya indukan yng mendekati mabung jangan di breeding.

Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/07/kenapa-indukan-murai-makan-telur-sendiri.html.

Seputar Kenapa Indukan Murai Makan Telur Sendiri

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kenapa Indukan Murai Makan Telur Sendiri