Murai Batu Arung Yang Bukan Murai Batu

- 1:00 PM

Murai Batu Arung Yang Bukan Murai Batu

 
Siapa yang tak kenal yang dengannya burung jenis murai batu, burung bersuara merdu yang tidak sedikit di cari oleh kicau mania di Indonesia. Namun apakah kamu pernah mendengar nama burung murai batu arung ? Walau masih dalam satu keluarga Musicapidae akan tetapi murai batu arung (Monticola solitarius) berbeda dari jenis burung murai batu pada biasanya. Burung ini mempunyai warna tubuh lebih banyak didominasi abu-abu kebiruan yang dengannya penampilan semisal halnya burung cacing.

Penampilannya yang telah di sebutkan sesuai yang dengannya sebutan lain dari jenis burung ini yakni Blue-rock thrush yang pengertiannya cacing-batu biru. Murai batu arung terdiri atas enam subspesies ataupun ras, yang dengannya wilayah persebaran serta area migrasi yang berbeda, yakni :
  • Monticola solitarius solitarius: tempat asal di wilayah baratlaut Afrika, wilayah selatan Eropa, wilayah utaraTurki serta Transkaukasia. Pada musim dingin, orang-orang bermigrasi ke wilayah utara Afrika utara Jazirah Arab.
  • Monticola solitarius longirostris: tempat asal di Yunani, wilayah barat serta selatan Turki, Levant, Tien Shan, sampai-sampai wilayah baratlaut Himalaya. Tatkala musim dingin tiba, orang-orang bermigrasi ke wilayah utara India serta timurlaut Afrika.
  • Monticola solitarius pandoo: tempat asal di wilayah sedang Himalaya, wilayah timur serta sedang China, serta wilayah utara Vietnam. Di musim dingin, orang-orang bermigrasi ke Asia Selatan serta Asia Tenggara, salah satunya Sunda Besar (Sumatera, Kalimantan, Jawa).
  • Monticola solitarius philippensis: tempat asal di wilayah timur Mongolia, timurlaut China, Korea, Jepang, serta wilayah utara Filipina (Pulau Batanes). Orang-orang Suka bermigrasi ke wilayah tenggara China, Filipina, serta Indonesia.
  • Monticola solitarius madoci: tempat asal di wilayah selatan Thailand, Semenanjung Malaysia, serta wilayah utara Sumatera.
Burung murai batu arung memanglah bukan burung asli ataupun burung lokal Indonesia, melainkan salah satunya spesies burung migran yang akan berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia disaat tempat asal asalnya mengalami musim dingin.
Burung murai batu arung jantan (kiri) serta burung betina di sebelah kanan yang tampak berbeda dari penampilannya

Murai batu arung umumnya bermigrasi ke Indonesia mulai September sampai-sampai Mei. Orang-orang menyukai daerah pesisir pantai yang berbatu, daerah dekat permukiman penduduk di perkotaan ataupun pedesaan, daerah terbuka, hutan sekunder, serta lahan pertanian bersemak. Orang-orang Suka bertengger secara mencolok di atas batu, atap rumah, tiang, serta pohon mati, sebelum menerkam serangga mangsanya di tanah.

Bunyi kicauannya cukup merdu, malah mampu meniru aneka macam bunyi burung lain-lainnya yang dengannya Amat baik. Akan tetapi andai dibandingkan bunyi kicauannya tak semisal burung murai batu, akan tetapi cenderung bersiul merdu yang dengannya bunyi yang parau.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendengarkan suaranya silakan pencet tombol play di bawah ini:
Bunyi ngeriwik burung murai batu arung
Bunyi kicauan burung murai batu arung
- -
Mudah-mudahan berguna serta Salam kicau!
tags & keywords: murai batu arung, bunyi burung murai batu arung, burung murai batu arung, kicauan murai batu arung, bunyi burung , download bunyi burung, bunyi murai batu, murai batu arung, bunyi burung murai batu arung, burung murai batu arung, kicauan murai batu arung, bunyi burung , download bunyi burung, bunyi murai batu,
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/06/murai-batu-arung-yang-bukan-murai-batu.html.

Seputar Murai Batu Arung Yang Bukan Murai Batu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Murai Batu Arung Yang Bukan Murai Batu