Catatan Burung Indonesia: Spesies Burung Indonesia Bertambah

- 9:26 AM

Catatan Burung Indonesia: Spesies Burung Indonesia Bertambah

 
Didasari laporan Burung Indonesia dalam burung.org bahwasanya pada akhir tahun 2013, jenis burung di Indonesia bertambah. Dalam laporannya tercantum ada 1,605 jenis burung pada tahun 2013, yng berguna terdapat tambahan tujuh spesies lebih tidak sedikit dibanding tahun 2012 yng cuma berjumlah 1,598 jenis.
Infograpis Burung Indonesia
Jumlah serta status burung di Indonesia pada tahun 2013 | Infograpis burungindonesia.org

Pendapat dari Jihad, Bird Conservation Officer dari Burung Indonesia, spesies burung yng didapati adalah satwa luar yng belum tercantum di Indonesia. Jenis-jenis burung yang telah di sebutkan merupakan:
  1. Camar pungung-hitam kecil (Larus fuscus) didapati di Pulau Wetar,
  2. Penggunting-laut Heinroth (Puffinus heinrothi) didapati di perairan Taliabu,
  3. Alap-alap dahi-putih (Microhierax latifrons) didapati di Kalimantan Timur,
  4. Gagang-bayam belang (Himantopus himantopus) didapati di Sumatera,
  5. Kedidi Baird (Calidris baird) didapati di Papua Barat,
  6. Kaki-rumbai merah (Phalaropus fulicarius) didapati di Jawa,
  7. Apung zaitun (Anthus hodgsoni) didapati di Kalimantan Timur.
“Penambahan tersebut berasal dari catatan baru (new record) sebaran tujuh jenis burung yang dimuat dalam jurnal ilmiah pada kurun 2010-2012,” akan tetapi dari keseluruhan jenis burung yng terdapat di Indonesia 126 diantaranya mempunyai status terancam punah, meliputi 19 jenis berstatus Kritis (CR), 35 jenis berstatus Genting(EN), sedangkan 72 jenis lain-lainnya berstatus Rentan (VU).
Dari catatan yang telah di sebutkan, terdapat juga tiga jenis burung yng naik statusnya menjadi terancam, diantaranya Bangau Bluwok (Mycteria cinerea) naik dari yng tadinya Rentan (Vulnerable) menjadi Genting (Endangered), begitu pula yang dengannya kakatua putih (Cacatua alba). Yng paling memprihatinkan merupakan keberadaan burung jenis poksai kuda (Garrulax rufifrons) statusnya meningkat drastis dari Mendekati Terancam (Near Threatened) kini naik dua tingkat menjadi Genting (EN).
Akan tetapi disamping peningkatan status yng cukup memprihatinkan yang telah di sebutkan, diluar dugaan terdapat juga laporan yng cukup menggembirakan, setidaknya terdapat tiga jenis burung yng diadukan atau dilaporkan mengalami penurunan status orang-orang. Mambruk Victoria (Gours victoria) lepas dari zona keterancaman yng sebelumnya berstatus Rentan (VU) menjadi Mendekati Terancam (NT).
Begitu juga yang dengannya nuri-ara salvadori (Psittaculirostis Salvadorii) turun dari status Rentan (VU) serta kini mempunyai status Risiko Rendah (LC: Least Concern). Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk spesies burung cekakak yakni cekakak pita kofiau (Tanysiptera ellioti) masih tetap berada dalam zona terancam punah lantaran cuma turun satu tingkat saja dari Genting (EN) menjadi Rentan (VU).
Pendapat dari data dari BirdLife International, Indonesia tatkala ini berada dalam lima besar dari negara yng mempunyai spesies burung terbanyak sesudah Colombia, Peru dan Brazil, serta bersaing ketat yang dengannya Ekuador. Akan tetapi demikian, Indonesia pula diluar dugaan Amat disayangkan masuk peringkat tiga besar alam hal jumlah spesies burung terancam punah terbanyak di dunia, yang dengannya peringkat pertama ditempati oleh Brazil, disusul Peru pada posisi kedua.
Kegagalan mengatasi pembalakan liar dan kerusakan hutan menjadi salah satu penyebab semakin terancamnya beberapa jenis burung di Indonesia
Kegagalan mengatasi pembalakan liar serta kerusakan hutan menjadi satu dari sekian banyaknya penyebab makin terancamnya beberapa jenis burung di Indonesia
Sedangkan dalam hal endemisitas ataupun kekhasan jenis burung dari sebuah negara, Indonesia memilik jumlah burung endemik terbanyak di dunia, yang dengannya 380 spesies burung endemik yng jauh lebih unggul dari negara-negara di seluruh dunia serta berada pada peringkat pertama.
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/03/catatan-burung-indonesia-spesies-burung.html.

Seputar Catatan Burung Indonesia: Spesies Burung Indonesia Bertambah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Catatan Burung Indonesia: Spesies Burung Indonesia Bertambah