Kendala Merawat Murai Batu Yang Berekor Panjang Beserta Solusinya -1

- 11:56 PM

Kendala Merawat Murai Batu Yang Berekor Panjang Beserta Solusinya -1

 
Penampilan fisik Murai Batu yang tidak sedikit mendapatkan sorotan bagi penghobi di antaranya merupakan pada bagian ekornya. Murai Batu salah satunya burung kicauan yang mempunyai tipe bulu ekor yang beraneka ragam bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap jenisnya. Setidaknya ada 4 penjabaran tipe bulu ekor pada Murai Batu, akan tetapi secara garis besar pembagian itu menjurus kepada dua tipe ekor, yaitu yang berukuran panjang serta berukuran pendek.
Jenis Murai Batu ekor panjang diantaranya : Murai Batu Medan, Murai Batu Nias, Murai Batu Aceh, Murai Batu Sabang serta Murai Batu Malaysia. Ekor terpanjang dimiliki oleh jenis Murai Batu Medan yang mampu mencapai panjang 33 cm. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Murai Batu ekor pendek termasuklah dia Murai Batu Lampung, Murai Batu Borneo, Murai Batu Sinabung, serta Murai Batu Lasia.
Antara Murai Batu berekor panjang yang dengannya Murai Batu ekor pendek tentu saja tidak sedikit penghobi yang lebih menyukai Murai Batu ekor panjang. Alasannya, selain beberapa jenis Murai Batu ekor panjang rata-rata mempunyai kemampuan yang Amat hebat, yang dengannya ekor panjang itu membuat penampilan Murai Batu terlihat lebih gagah serta karismatik menjadi burung kicauan petarung ketimbang yang berukuran pendek.
Akan tetapi di sisi lain perawatan Murai Batu ekor panjang memicu aneka macam permasalahannya yang pelik. Ya, merawat Murai Batu ekor panjang diluar dugaan lebih susah daripada Murai Batu ekor pendek. Tak jarang masalah menerpa ekor Murai Batu yang berukuran panjang yang telah di sebutkan.
Mengenai apa serta bagaimana kendala yang Suka muncul terkait ekor panjang Murai Batu, berikut ulasannya beserta penyebab serta solusinya.
Bulu ekor menjadi keriting

Terlihat ekor keriting Murai Batu
Terkait permasalahan ini ada dua hal penyebabnya, pertama pemberian pakan yang tak tepat, kedua ruang sangkar murai batu yang terlalu sempit. Dua faktor ini menjadi pemicu bulu ekor panjang Murai Batu yang telah di sebutkan berganti keriting.
Pemberian pakan yang tak tepat umumnya menyangkut pada penggunaan merek pakan voer yang diganti lantas diberikan secara penuh. Padahal kandungan nutrisi tiap merek voer berbeda-beda. Perlakuan yang tiba-tiba ini menghasilkan pengaruh pada perubahan bentuk ekor Murai Batu yang akhirnya menjadi keriting lantaran kandungan nutrisi yang diterima tubuh Murai Batu berganti secara tiba-tiba.
Maka sebaiknya, andai pun kamu ingin mengganti merek pakan voer kamu, lakukan pergantian itu secara bertahap. Tatacaranya, yang dengannya menggabungkan pakan voer merek yang baru yang dengannya voer merek lama. Lantas barulah dalam rentang waktu satu minggu ke depan, kamu diizinkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan sepenuhnya Murai Batu yang dengannya merek pakan voer yang baru.
Sementara mengenai pengaturan ruang dalam sangkar Murai Batu ekor panjang Perlu dimasukkan pada sangkar yang besar serta lebar. Sangkar Murai Batu yang sempit menghasilkan bulu ekor Murai Batu yang panjang yang telah di sebutkan Suka terjepit, terpepet, ataupun mengenai jeruji sangkar. Lama-kelamaan hal ini bisa membuat ekor murai batu menjadi keriting
Bulu ekor sobek, timbul bercak, ataupun bergaris

Kekurangan nutrisi merupakan penyebab permasalahan bulu ekor sobek, timbul bercak, ataupun bergaris. Murai Batu ekor panjang butuh nutrisi yang lebih tidak sedikit daripada yang berekor pendek, lantaran pada bagian ekor yang panjang yang telah di sebutkan butuh menyerap kandungan nutrisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat bulu-bulu ekornya.
Andaikan nutrisi yang diterima tidak banyak, mampu saja kandungan nutrisi ini tak hingga diserap oleh bagian ekor Murai Batu yang panjang itu lantaran cuma cukup terserap tubuh saja, menjadikan kekurangan nutrisi pada bagian ekor Murai Batu memicu terjadinya kelainan pada bagian ekor Murai Batu semisal ekor sobek, timbul bercak, ataupun bergaris. Umumnya keadaan ini Suka berlangsung disaat Murai Batu melakoni masa mabung. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu pemberian nutrisi yang cukup Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi keindahan bulu ekor Murai Batu. Sebetulnya selain nutrisi, khususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk ekor Murai Batu yang rusak mampu penyebabnya yaitu pula oleh ekor yang menabrak jeruji sangkar. Oleh lantaran itu, penggunaan sangkar yang besar Amat diharapkan.
[bersambung...]
Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar :
Pic 1 : http://amiexs.blogspot.com/2014/02/stardustsemoga-dorong-ekornya-lancar.html
Pic 2 : http://i49.tinypic.com/wj7wvk.jpg
Sumber Rujukan :
http://omkicau.com/2013/08/12/permasalahan-umum-pada-murai-batu-ekor-panjang/
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2014/10/kendala-merawat-murai-batu-yang-berekor.html.

Seputar Kendala Merawat Murai Batu Yang Berekor Panjang Beserta Solusinya -1

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kendala Merawat Murai Batu Yang Berekor Panjang Beserta Solusinya -1