Mengenali Muray Batu Asal Kalimantan ( Borneo )

- 8:48 AM

Mengenali Muray Batu Asal Kalimantan ( Borneo )

 
Murai Batu yng dalam literatur ilmiah dinamai copsychus malabaricus serta oleh orang Eropa biasa disebut white rumped shama secara global penyebarannya Amat luas, mulai dari India, China Barat Daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia sampai-sampai Sunda Besar. Di Indonesia burung yang salah satunya dalam rumpun Turdidae ini ramai sekali jenisnya yng di kalangan hobbiest dibedakan berdasar daerah asal habitatnya.
Murai Batu Borneo merupakan satu dari sekian banyaknya jenis yng dikenal di Indonesia selain Murai Batu Sumatera serta Murai Batu Jawa (Larwo). Murai Batu Borneo merupakan sebutan kicau mania terhadap spisies murai batu yng berasal dari Pulau Kalimantan. Semisal Murai Batu Sumatera, Murai Batu Borneo pula tidak sedikit jenisnya. Meski pun tidak sedikit jenisnya namun secara umum dikenal tiga jenis Murai Batu Borneo yakni Murai Batu Palangka, Murai Batu Banjar & Murai Batu Mahkota (Kepala Putih). Karakteristik Murai Batu Borneo yng Amat gampang dikenali merupakan gayanya yng khas pada tatkala tarung, yakni dada membusung yang dengannya bulu dada yng mengembang, kepala yng menengadah ke atas lantas membungkuk ke bawah yng kadang yang dengannya gerakan cepat namun pula kadang-kadang bergerak lambat.
Daerah Sebaran Murai Batu Borneo
Murai Batu Palangka yng oleh kicau mania di Kalimantan Suka pula disebut Murai Kalteng habitatnya tersebar di wilayah Kalimantan Sedang sampai-sampai Kalimantan Barat.
Murai Batu Banjar bisa ditemui di wilayah Kalimantan Selatan serta Kalimantan Timur.
Murai Batu Mahkota (white crowned shama) tersebar dari Kalimantan Barat sampai-sampai Kalimantan bagian Utara (Malaysia).
Typical Murai Batu Borneo
1. Murai Batu Palangka
2. Murai Batu Banjar
3. Murai Batu Mahkota
Cara Memilih Murai Batu Borneo
Warna bulu dada
Pilih warna bulu dada yng coklat muda, lebih terang/muda lebih baik. Kalau ada yng supak (agak keputihan namun bukan blorok) lebih baik lagi. Murai batu borneo yang dengannya warna-warna bulu dada semisal yang telah di sebutkan rata-rata mempunyai sifat fighter yng tinggi serta kerjanya ngedur.
Warna kaki
Dari variasi warna kaki murai batu borneo yng pernah saya jumpai, skala prioritas memilih murai batu borneo melihat dari warna kaki merupakan :
(1) Coklat Kehitaman (warna tanduk),
(2) Hitam Pekat,
(3) Coklat Kemerahan
(4) Jangan Pilih yng Putih Kekuningan, lantaran selain belum pernah melih yng jenis ini moncer di kontes, saya pula pernah merawatnya serta hasil nya pendapat dari saya Amat mengecewakan. Mental dan daya tarungnya tidak lebih dan terlalu lambat bagi atau bisa juga dikatakan untuk jadi.
Panjang ekor
Pilih ekor yng agak pendek, dari 13 s.d. 10 cm
Bentuk kepala
Utamakan memilih kepala yng berbentuk papak
Mata
Pilihlah yng mempunyai tatapan tajam serta mata tak terlihat sayu.
Bukaan paruh
Pada tatkala berkicau perhatikan intensitas bukaan paruhnya. Pilih yng bukaannya lebar, umumnya tatkala tarung akan mengeluarkan tembakan yang dengannya full power.
Bentuk leher
Carilah yng memiliki leher yng agak besar, ini umumnya menunjukan besarnya volume bunyi yng bisa dikeluarkan.
Selain hal-hal yang telah di sebutkan di atas, secara umum pemilihan murai borneo berbakat percis yang dengannya ulasan-ulasan pada thread yng membahas permasalahan tatacara memilih murai batu berbakat.
sumber : kicaumaniabogor, kicaumania.or.id Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/12/mengenali-muray-batu-asal-kalimantan.html.

Seputar Mengenali Muray Batu Asal Kalimantan ( Borneo )

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenali Muray Batu Asal Kalimantan ( Borneo )