Cara Merawat Burung Cucak Wilis, Download Suara Kicauannya

- 10:11 PM

Cara Merawat Burung Cucak Wilis, Download Suara Kicauannya

 
Cucak gunung ataupun lebih ternama yang dengannya sebutan burung rengganis ataupun cucak wilis merupakan jenis burung yng cukup tidak sedikit dipelihara kicaumania di Indonesia. Suara kicauannya memanglah tidak lebih bervariasi serta cenderung monoton, namun irama yng dibawakannya Amat berirama. Selain gampang menyesuaikan diri, perawatannya pun terbilang gampang menjadikan tidak sedikit kicaumania yng tertarik memeliharanya menjadi klangenan ataupun bunyi-bunyian di rumah.
Cara merawat burung cucak wilis
Dalam bahasa Inggris, cucak wilis dikenal yang dengannya nama Orange-spotted bulbul serta bernama latin Pycnonotus bimaculatus. Spesies burung ini berukuran tengah, panjang tubuhnya sekitar 20 cm, berwarna coklat serta putih, tungging kuning, kekang serta bintik jingga yng khas ada di atas matanya. Bagian atas berwarna coklat zaitun, tenggorokan serta dada atas coklat kehitaman. Bagian dada berbintik coklat puth, perut putih, iris coklat, paruh serta kakinya berwarna hitam.
Jenis burung ini adalah burung endemik Indonesia yng cuma mampu didapati di hutan-hutan dalam wilayah Sumatera, Jawa serta Bali. Terdiri dari tiga sub-spesies yang dengannya daerah persebarannya masing-masing, yakni:
  1. Pycnonotus bimaculatus snouckaerti yng tersebar di wilayah Sumatra bagian barat-laut.
  2. Pycnonotus bimaculatus bimaculatus yng tersebar di willayah Sumatra bagian barat-daya, Jawa bagian barat serta sedang.
  3. Pycnonotus bimaculatus tenggerensis yng tersebar di wilayah Jawa bagian timur.

Di alam bebas, burung cucak wilis menghuni daerah hutan di pegunungan yang dengannya ketinggian 800 - 3000 meter dpl, sampai-sampai ke zona cantigi gunung dekat puncaknya. Lantaran itu, tak heran andai burung ini kerap didapati mulai dari lereng hingga puncak gunung, semisal di Merapi.
Cucak wilis memiliki suara kicauan yng Amat khas. Andai disebutkan, suaranya mirip suara kutilang akan tetapi yang dengannya irama yng cepat, semisal "ciluk-culik-ciluk" ataupun "cak-cak-cu-ciluliuli" yng cukup kencang.
Perawatan harian burung cucak wilis tak jauh berbeda yang dengannya perawatan burung dari jenis cucak-cucakan yng lain semisal kutilang ataupun trucukan. Buah-buahan yng bervariasi mulai dari pisang sampai-sampai pepaya serta mangga bisa diberikan menjadi pakan tambahannya, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk serangga, burung ini Amat menyukai ulat hongkong serta jangkrik.
Dalam perawatannya, burung cucak wilis Amat suka sekali mandi. Andai tak diberikan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya, maka burung ini akan mandi dalam cepuk minumnya menjadikan mampu mengotori air minumnya. Oleh lantaran itu, memandikan cucak wilis secara rutin sehari-hari bisa membuatnya makin rajin berbunyi.
Berikut beberapa suara kicauan burung cucak wilis bagi atau bisa juga dikatakan untuk memancing bunyi:
  • Suara cucak wilis versi 1
  • Suara cucak wilis versi 2
  • Suara cucak wilis versi 3

Mudah-mudahan memberikan manfaat Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2017/03/cara-merawat-burung-cucak-wilis.html.

Seputar Cara Merawat Burung Cucak Wilis, Download Suara Kicauannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Merawat Burung Cucak Wilis, Download Suara Kicauannya