Sangarnya Penampilan Burung Pambudi Guntur

- 7:37 PM

Sangarnya Penampilan Burung Pambudi Guntur

 
Sempur hujan sungai ataupun dikenal yang dengannya sebutan Pambadi guntur (Cymbirhyncus macrorhynchos) mempunyai penampilan yng tampak sangar. Paruhnya tebal serta dada berwarna merah darah yang dengannya kalung kehitaman di lehernya. Andai dilihat dari atas, burung ini berwarna hitam legam yang dengannya tidak banyak corak merah pada tunggir serta garis putih di sayapnya.

Selain penampilannya yng Amat garang itu, burung ini bahkan mempunyai bulu beraneka warna yng Amat mencolok, serta Amat kontras sekali yang dengannya bunyi kicauannya yng parau semisal bunyi tonggeret. Walaupun bertubuh kecil, akan tetapi kepakan sayapnya terdengar bak guntur. Lantaran alasan itu, warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Dayak menjulukinya yang dengannya nama Pambudi Guntur.
Jenis burung ini menghuni hutan dataran rendah mulai dari Myanmar, Kamboja, Thailand, Malaysia, hingga ke Indonesia. Akan tetapi penyebarannya di Indonesia cuma terdapat di Sumatera serta Kalimantan saja. Sesuai namanya, spesies burung ini bisa ditmukan di sepanjang peredaran sungai disaat berburu pakan favoritnya, yakni serangga, kepiting, siput, serta ikan-ikan kecil.

Lantaran berhabitat di sekeliling peredaran sungai, sempur-hujan darat ataupun Pambudi Guntur akan bersarang di pohon-pohon yng tak jauh dari peredaran sungai. Sarangnya unik, berbentuk memanjang serta menggantung di cabang pohon. Pada bagian tengahnya terdapat sebuah lubang tempat burung ini keluar masuk.
Bunyi kicauan burung sempur-hujan sungai ataupun black and red broadbill:
Salam Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2017/03/sangarnya-penampilan-burung-pambudi.html.

Seputar Sangarnya Penampilan Burung Pambudi Guntur

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sangarnya Penampilan Burung Pambudi Guntur