Cara Atasi Murai Batu Stres

- 10:36 AM

Cara Atasi Murai Batu Stres

 
Tak disangkal, gejala-gejala stres seringkali menyerang burung kicauan Murai Batu. Tidak ayal, stres yng diderita Murai Batu pun menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para penghobi. Apalagi stres bukan adalah hal sepele bagi atau bisa juga dikatakan untuk diremehkan. Mampu jadi berawal dari gejala stres yang telah di sebutkan Murai Batu akan mengalami keterpurukan kondisi, sampai-sampai akhirnya bisa berpotensi menghasilkan kematian.
Penyebab stres pada Murai Batu ada tidak sedikit faktor : Stres lantaran penangkapan liar di hutan, Pemindahan Tempat/tempat sangkar, berkelahi dalam sangkar, Stres lantaran terasa keadaannya terancam mahluk lain, serta masih tidak sedikit lagi. Yng mana stres yang telah di sebutkan pula merugikan terhadap Murai Batu itu sendiri, semisal tubuh makin kurus akibat tak mau makan, isian kicauan bunyi hilang karena keengganan berkicau, daya tahan tubuh lemah, pembawaan dikandang tak proaktif, dll. Pastinya keadaan itu Amat mengkhawatirkan bagi para penghobi, ditakutkan berlangsung hal-hal yng tak dimau-kan.
Langkah awal dalam mencegah Murai Batu kamu supaya tak gampang stres merupakan yang dengannya melindungi kondisi tubuhnya. Seluruh itu bisa dicapai yang dengannya mengupayakan pemberian pakan-pakan yng bergizi, sterilisasi sangkar supaya tetap bersih, perawatan Murai Batu yng baik, benar serta teratur, tidak tidak ingat sesekali pemberian vitamin bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencukupi kebutuhan gizinya.
Akan tetapi, andaikan Murai Batu kamu telah terlanjur di kenai keadaan stres ini, maka kamu bisa menerapkan cara-cara di bawah ini :

  • Mengkondisikan suasana
    Murai Batu yng tengah stres Amat anti terhadap bunyi keramaian. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, jauhkan dari hal-hal yng mengganggu ketenangan Murai Batu. Taruh Murai Batu dalam ruangan yng sepi. Bila butuh, lakukan pengerodongan pada sangkarnya supaya Murai Batu tak melihat keadaan di luar sana, serta mampu fokus menenangkan diri.

  • Ekstra Fooding
    Pada masa perawatan pemberian pakan Perlu benar-benar diperhatikan. Jangkrik serta kroto adalah makan paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembalikan stamina Murai Batu supaya tampak lebih kuat. Ekstra Fooding pula bisa diiringi yang dengannya pemberian obat-obat bervitamin yng mampu kamu dapatkan pada toko pedagang pakan burung.

  • Hindari melakukan kontak
    Kontak terhadap Murai Batu disaat mengalami Stres sangatlah di hindari. Berikan rentang waktu hingga kondisi burung benar-benar stabil. Ditakutkan kontak yang telah di sebutkan bahkan membuat Murai Batu terasa kembali tak nyaman serta stress berat. Jadi, perawatan kamu sebelumnya semisal memandikan Murai Batu bagi atau bisa juga dikatakan untuk sementara tak butuh di lakukan, cukup letakkan mangkuk kecil berisi air di dalam sangkar. Biarlah Murai Batu berinisiatif sendiri andai pun ingin mandi.

Didasari info yng penulis cari, ada pula para penghobi yng cuma melakukan penambahan porsi pakan (jangkrik, kroto) saja dalam mengobati Murai Batu yng mengalami stres. Di sini penulis menambah dua poin menjadi pendukung supaya pemulihan Murai Batu menjadi lebih cepat serta potensi bagi atau bisa juga dikatakan untuk keberhasilannya lebih tinggi. Yang dengannya menjalankan ketiga poin di atas, diharapkan Murai Batu kamu yng semula mengalami Stres bisa pulih kembali keadaannya.
Oleh : Roma Doni
Rujukan : http://omkicau.com/2013/07/29/mencegah-dan-mengatasi-burung-stres/
Photo : hewanpedia.com
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/11/cara-atasi-murai-batu-stres.html.

Seputar Cara Atasi Murai Batu Stres

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Atasi Murai Batu Stres