Langkah Awal Dalam Perawatan Murai Batu Muda Hutan

- 3:09 AM

Langkah Awal Dalam Perawatan Murai Batu Muda Hutan

 
Burung Murai Batu dari dulu hingga yang dengannya saat ini ini tetap menjadi burung ocehan primadona bagi para pencintanya. Per tahunnya, ada saja para pencinta burung pengicau yng membeli burung Murai Batu yang dengannya harga rata-rata di atas satu jutaan. Begitu pula yang dengannya ajang perlombaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Murai Batu pun tak pernah sepi digelar di hampir setiap daerah. Apalagi burung Murai Batu yng digemari yang telah di sebutkan kebanykan telah dipelihara sejak muda serta berasal dari hasil tangkapan di hutan.

Gambar I: Burung Murai Batu muda di hutan
Namun yng butuh disimak bahwasanya memelihara burung Murai Batu muda hutan tak percis yang dengannya burung MB yng dibeli dari hasil penangkaran. Hal ini dikarenakan burung Murai Batu muda hutan belum pernah berjumpa yang dengannya kita-kita percis sekali serta itu tentunya bisa membuatnya terasa takut yang dengannya ditandai menjadi pendiamnya burung ini. Karenanya dibutuhkan langkah awal dalam perawatan burung Murai Batu muda hutan supaya cepat mengikuti keadaan serta membuat mudah melatihnya berkicau. Adapun langkah awal perawatannya bisa dibaca di bawah ini:
  1. Berikan pakan kroto serta ulat
    Awal perawatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung Murai Batu muda hutan dimulai yang dengannya memberinya pakan yng bertekstur lembut semisal kroto serta ulat. Murai Batu yng diberikan pakan kroto serta ulat hongkong maupun sangkar supaya memudahkannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menelan ataupun mencerna serta kembali membiasakan burung memakan semisal yng dicarinya di hutan. Selain itu tatkala memberikan kroto serta ulat ada baiknya tak disangkutkan pada bagian dekat tenggerannya melainkan bisa meletakkannya di lantai sangkar. Supaya kondisi sangkar tak terkesan jorok maka bagian bawah sangkar berlebi dahulu dilapisi yang dengannya kertas koran ataupun sejenisnya agar bisa sisa-sisa makanan. Kroto yng akan dimakan burung Murai Batu muda hutan bisa langsung diletakkan pada bagian bawah sangkar serta ulat hongkong maupun sangkar mampu ditaruh dalam cepuk ataupun wadah kecil yng didekatkan yang dengannya wadah tempat minumnya. Kegiatan pemberian makan kroto serta ulat ini di lakukan setidaknya selama tiga minggu ataupun satu bulan sejak Murai Batu muda hutan di rawat.

  2. Lakukan krodong full
    Langkah kedua dalam perawatan burung Murai Batu muda hutan mampu yang dengannya mengkrodong sangkarnya paling lama dua bulan. Pengkrodongan full ini dimaksudkan supaya burung Murai Batu bisa menenangkan dirinya berlebi dahulu yng pernah sempet stres ataupun sakit. Sedari itu yang dengannya ditutupnya sangkar burung Murai Batu selama dua bulan bisa menghindarkannya dari aksi menabrak jeruji sangkar yng bisa membuat kaki serta paruhnya terluka. Mulai dibukanya krodong yng menutup sangkar Murai Batu ditandai yang dengannya telah mulai beraninya burung bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkicau ataupun ngeriwik. Namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk makin memaksimalkan perawatannya maka pemasangan krodong tetap dibutuhkan.

  3. Jangan paksakan burung Perlu mandi serta berjemur
    Langkah ketiga sewaktu merawat burung Murai Batu muda hutan adalah yang dengannya tak memaksakannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi serta berjemur. Baiknya memanglah cuma menyediakan cepuk berukuran agak besar menjadi tempatnya mandi namun biarkan burung yang telah di sebutkan yng berinisiatif bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi sendiri. Supaya tubuhnya tetap di kenai cahaya maka bisa mengangin-anginkannya di tempat yng suasananya jauh dari keramaian ataupun tenang.

  4. Bisa menggantangnya di tempat yng tenang
    Langkah keempat yng butuh di lakukan dalam merawat burung Murai Batu muda hutan adalah yang dengannya menggantangnya di tempat yng suasananya masih tenang. Menggantang burung ini tak yang dengannya mendekatkannya bersama burung sejenis maupun beda jenis. Namun yang dengannya mendengarkannya bunyi-bunyi kicauan dari gadget. Bila kondisi burung telah dalam performa yng baik maka bisa mendekatkannya yang dengannya burung sejenis serta sangkarnya ada baiknya ditutup ataupun dikrodong. Ini dimaksudkan supaya burung Murai Batu muda dari hutan itu tak stres andaikan diserang yang dengannya kicauan dari burung yng di sebelahnya.

Yup, itulah empat langkah yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat burung Murai Batu muda hutan. Diperlukannya langkah awal yang telah di sebutkan supaya kondisi burung tak makin stres yng bisa membuatnya sakit. Sedari itu yang dengannya membaca tulisan atau artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian yng tengah ataupun ingin memelihara burung Murai Batu muda dari hutan. Terimakasih.
Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)
Sumber Goresan pena:
1. https://omkicau.com/2012/08/04/murai-batu-muda-hutan-rawatan-tepat-cegah-sekarat/
2. http://caramerawatburungmurai.blogspot.com/2015/08/cara-merawat-murai-batu-muda-hutan-agar.html
3. http://www.budidayakenari.com/2015/12/cara-merawat-murai-batu-muda-hutan.html
Sumber Gambar:
http://www.pak-tani.com/wp-content/uploads/2015/12/Burung-Murai-Batu.jpg
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2017/02/langkah-awal-dalam-perawatan-murai-batu.html.

Seputar Langkah Awal Dalam Perawatan Murai Batu Muda Hutan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Langkah Awal Dalam Perawatan Murai Batu Muda Hutan