Pancawarna : Perawatan Dan Penangkaran

- 10:57 AM

Pancawarna : Perawatan Dan Penangkaran

 
Burung Pancawarna ataupun Silver eared mesia ( Leiothrix argentauris), adalah satu dari sekian banyaknya jenis burung yng masih mempunyai kekerabatan yang dengannya burung robin peking ( Leothrix lutes) . Berbeda yang dengannya robin yng adalah burung asli dari asia timur yng meliputi Bhutan, China, India, Nepal, Pakistan dan Vietnam , tempat asal dan penyebaran dari burung pancawarna ini pula tidak sedikit terdapat di indonesia yakni di Pulau Sumatera dan wilayah penyebarannya dilainnya semisal sebagian Malaysia, China barat , Bangladesh, Bhutan, Vietnam, India dan Nepal.

Keberadaan burung pancawarna ini percis yang dengannya saudaranya burung robin, padahal burung pancawarna ini taklah semisal burung robin yng Perlu berlebi dahulu mengimpor dari negara asalnya, burung pancawarna yng kini ada dipasaran adalah burung yng didapatkan dari wilayah hutan di sekeliling hutan sumatera, sementara burung pancawarna yng dahulu pula Suka diimpor bersamaan yang dengannya burung robin ini telah Amat jarang didapati di pasaran.
KARAKTER DAN PERAWATAN
Bunyi burung pancawarna tak mempunyai tidak sedikit variasi lagu tak semisal burung robin, umumnya burung pancawarna ini cuma menyanyikan dua ataupun tiga jenis kicauan yng berbeda yang dengannya tatacara mengulang-ulang menjadikan kadang terdengar monoton lantaran lagu yng dikicaukan itu-itu pula. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung klangenan ataupun burung pengobat rasa kangen akan burung yng dahulu pernah ternama ini tidak sedikit penggemar burung yng menjadikan burung ini menjadi burung masteran bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung kicauannya semisal cucak hijau, Kacer dan Muray Batu. Selain dari suaranya variasi warna yng terdapat dalam tubuhnya pun menjadi satu dari sekian banyaknya kenapa burung ini digemari, itulah mengapa burung ini dikenali yang dengannya sebutan burung pancawarna yng berguna burung lima warna.
Membedakan antara burung pancawarna jantan yang dengannya betina memanglah lebih gampang diperhatikan dari warna bulu burung yng telah berusia dewasa, dimana burung jantan mempunyai warna yng berwarna, cerah dan mengkilap yang dengannya warna bulu dipangkal ekornya berwarna merah sedangkan burung pancawarna betina mempunyai warna yng kusam dan pucat yang dengannya warna-warna yng tidak lebih terang, lebih kuning dan warna bulu di pangkal ekor nya merupakan berwarna orange.

Dan hal yang telah di sebutkan akan Amat susah dibedakan andai burung masih berusia Amat muda, satu dari sekian banyaknya yng mampu membedakannya merupakan yang dengannya mendengarkan suaranya.
Bunyi Pancawarna
  • Bunyi Panggilan | Download suaranya disini
  • Bunyi Kicauan | Download suaranya disini

Makanan utama orang-orang merupakan serangga dan buah-buahan, akan tetapi di beberapa negara penggemar burung pancawarna ini diluar dugaan pula memberikan pakan berupa canary seed,millet dan biji-bijian selain makanan keringnya ( voer). Serangga yng diberikan merupakan jangkrik kecil dan ulat hongkong.
Dalam perawatan hariannya kita Perlu selalu memantu kondisi air minumnya dikarenakan burung ini Amat menyukai minum dan mandi menjadikan dalam satu hari saja kita musti mengganti air minumnya yang dengannya air yng bersih sampai-sampai beberapa kali.
PENANGKARAN BURUNG PANCAWARNA
Andai kita mempunyai sepasang burung pancawarna ini, barangkali ada bagusnya kalau kita menangkarkan orang-orang , lantaran tempat asal orang-orang sendiri di indonesia dan burung pancawaran impor pula telah mulai langka. Burung pancawarna ini salah satunya burung sosial dan mampu disatukan yang dengannya jenis burung lain dalam satu sangkar penangkaran yng besar, namun yng patut diingat merupakan pada waktu tengah berkembang biak burung ini akan mempunyai sifat proaktif dan akan menyerang burung yng berada didalam wilayah sarangnya. jadi andai kamu ingin menangkarkan burung ini sebaiknya mempergunakan sangkar penangkaran terpisah dari jenis-jenis burung lain-lainnya.
Sangkar yng dipakai berukuran luas yang dengannya tidak sedikit ranting ataupun tanaman merambat , lantaran burung ini salah satunya burung yng lincah dan atraktif. Sarang yng dipakai merupakan sarang berbentuk cawan ataupun mangkuk terbuka, jadi sebelumnya siapkan berlebi dahulu tempat sarang yng berbahan rotan ataupun terbuat dari papan kayu semisal yng biasa dipakai dalam penangkaran kenari dan pula menyediakan bahan-bahan sarang yng mampu kamu dapatkan di toko-toko pakan burung yng lengkap dikota kamu.
Penempatan kotak sarang inipun dianjurkan disimpan di tempat yng rimbun ataupun tersembunyi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi privasi orang-orang.
Sesudah Burung betina bertelur yng umumnya berjumlah dua sampai-sampai empat butir telurnya , telur ini akan dierami oleh burung betina dan pula burung jantan, dan seusai melewati masa inkubasi / pengeraman selama sekitar 14 hari telurpun akan menetas dan akan mampu keluar dari sarangnya pada usia dua minggu dan seusai tiga sampai-sampai empat minggu selanjutnya burungpun siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengabaikan atau meninggalkan sarangnya dan hidup berdikari. dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi hal yng tak dimau-kan burung pancawarna muda ini lebih baik segera dijauhkan dari indukannya, lantaran sifat indukan yng akan menjadi proaktif terhadap kehadiran orang-orang. selain itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan peluang kembali pada burung indukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mulai kembali ber-reproduksi lantaran orang-orang akan berkembang biak selama dua sampai-sampai tiga kali per tahunnya.
Mudah-mudahan berguna. Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2013/11/pancawarna-perawatan-dan-penangkaran.html.

Seputar Pancawarna : Perawatan Dan Penangkaran

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pancawarna : Perawatan Dan Penangkaran