Mengenali Kehidupan Burung Murai Batu Di Alam Liar

- 6:09 AM

Mengenali Kehidupan Burung Murai Batu Di Alam Liar

 
Burung Murai Batu merupakan satu dari puluhan jenis burung kicauan yng paling tidak sedikit digemari oleh orang-orang di seluruh daerah malah hingga luar negeri. Orang-orang yng memelihara burung Murai Batu kebanykan bukan berasal dari hutan namun diperoleh dari hasil penangkaran yng telah tidak sedikit di lakukan. Selain itu cara serta tips seputar perawatan burung Murai Batu pun Amat ramai sekali mulai dari pakan, penjemuran, memandikan, pemilihan sangkar, mengobati tatkala sakit, serta lain-lainnya. Cuma saja bagi siapapun yng memelihara burung Murai Batu barangkali ada beberapa di antaranya yng belum mengetahui ihwal kehidupannya di alam liar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu pada tulisan atau artikel ini sengaja mengulas secara mendalam terkait burung Murai Batu yng hidup di alam liar.
Melihat persebaran burung Murai Batu bahwasanya tempat hidupnya tak cuma terdapat di daerah hutan Indonesia saja. Karena di beberapa negara sekitar Asia pula dihuni oleh spesies burung Murai Batu mulai dari Malaysia, Thailand, Filipina, hingga yang dengannya Tiongkok. Di Indonesia sendiri daerah yng dijadikan tempat hidup burung Murai Batu sangatlah tidak sedikit mulai dari Sumatera, Jawa, serta Kalimantan. Luasnya daerah yng ditinggali burung Murai Batu membuat penamaannya cukup beragam yng disesuaikan yang dengannya daerah tempatnya hidup serta tanda fisiknya. Karenanya burung Murai Batu terdiri dari aneka macam jenis mulai dari Murai Batu Jawa ataupun Larwo, Murai Batu Nias, Murai Batu Aceh, Murai Batu Jambi, Murai Batu Lampung, Murai Batu Medan, serta Murai Batu Borneo. Nama lain burung Murai Batu yng jarang diketahui orang-orang terbilang unik yaitu burung Kucica Hutan.
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/88/White-rumped_Shama_-_Thailand_S4E7645_%2819177296749%29.jpg/800px-White-rumped_Shama_-_Thailand_S4E7645_%2819177296749%29.jpg
Gambar: Burung Murai Batu yng hidup di alam liar
Di alam liar umumnya burung Murai Batu menghuni dataran mulai dari yng rendah hingga arena pegunungan sampai-sampai mencapai 1500 meter di atas permukaan laut. Selain itu hutan yng dijadikan menjadi tempat asal hidup berada di hutan lebat yng jauh dari pemukiman kita-kita. Tatkala berburu di hutan akan mencari pakan serangga yng berukuran kecil semisal jangkrik, belalang, kroto ataupun telur semut, serta ulat. Selain itu, burung Murai Batu yng mencari makanan serangga mampu di aneka macam tempat semisal di atas tanah serta pepohonan. Karakter burung ini pun terbilang pemalu yang dengannya lebih suka menyembunyikan diri dibalik rimbunnya hutan. Namun burung Murai Batu dikenal menjadi burung petarung yng akan melindungi teritorial wilayahnya dari ancaman burung lain.
Tanda fisik burung Murai Batu mengalami perbedaan yng tak terlalu mencolok dari tiap jenisnya. Perbedaan yang telah di sebutkan paling Suka tampak dari ukuran tubuh, panjang, ekor, serta warna di bagian atas kepala. Namun secara umum burung Murai Batu memiliki ukuran fisik terbilang tengah ataupun sekitar 26 cm. Warna di tubuhnya pun cuma terdiri dari tiga jenis yaitu hitam, putih, serta merah karat. Bagian tubuhnya yng tampak berwarna hitam ada di kepala, tenggorokan, dada, sayap, punggung, serta ekor bagian atasnya. Warna putih tampak di bagian bawah kedua sayap, ekor, serta atas kepala khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis burung Murai Batu Mahkota. Warna merah karat cuma meliputi area dada hingga yang dengannya pangkal ekor bagian bawahnya. Paruhnya berukuran pendek serta tak lebar dan warna-nya merupakan hitam pekat. Kakinya berukuran tengah yng tampak berwarna cokelat keabu-abuan.
Kicauan asli burung Murai Batu di alam liar yng belum memperoleh sentuhan tangan kita-kita pun terdengar cukup indah serta merdu. Selain itu, kicauannya terdengar bervariasi ataupun terdiri dari beberapa jenis lagu serta terpenting bisa atau mampu menirukan bunyi burung lain yng Suka didengarnya di alam. Nada kicauan burung Murai Batu terdengar lantang serta volumenya cukup tinggi yng sesuai yang dengannya karakternya menjadi burung petarung.
Demikianlah analisis seputar burung Murai Batu yng hidup di alam liar bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu disimak oleh para pembaca sekalian. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu yang dengannya membaca tulisan atau artikel ini hingga tuntas bisa menambah pemahaman kita terkait ke hidup-an burung Murai Batu di hutan yng memanglah memiliki kicauan merdu serta jenis yng beragam. Selamat membaca.
Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)
Sumber Goresan pena:
1. http://www.kutilang.or.id/2012/07/06/kucica-hutan/
2. http://www.kutilang.or.id/2012/06/27/kucica-kalimantan-kucica-alis-putih/
Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/88/White-rumped_Shama_-_Thailand_S4E7645_%2819177296749%29.jpg/800px-White-rumped_Shama_-_Thailand_S4E7645_%2819177296749%29.jpg
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2017/05/mengenali-kehidupan-burung-murai-batu.html.

Seputar Mengenali Kehidupan Burung Murai Batu Di Alam Liar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenali Kehidupan Burung Murai Batu Di Alam Liar