Sejarah Kenari Dan Perkembangannya

- 8:09 PM

Sejarah Kenari Dan Perkembangannya

 
Kenari ( Serinus Canaria ) adalah satu dari sekian banyaknya jenis burung kicauan yng paling ternama dan tidak sedikit penggemarnya di tanah air, malah kepopuleran burung ini menjadi burung peliharaan telah lebih dahulu terkenal di seluruh penjuru dunia.
Burung yng salah satunya dalam keluarga Fringillidae ini mempunyai jumlah yng cukup tidak sedikit dan hampir terdapat di seluruh dunia, dan seiring yang dengannya banyaknya penangkaran kenari inipun jumlah dan variasi warna kenari mampu disebut terlalu tidak sedikit bagi atau bisa juga dikatakan untuk diketahui. Indonesia sendiri mempunyai burung kenari asli dari pulau jawa yng dikenal yang dengannya sebutan kenari Jawa / Kenari gunung ataupun malay goldfinch ataupun Erinus estherae, akan tetapi keberadaannya sampai-sampai kinipun masih jarang ditemui.
Sejarah Kenari
Burung kenari mulai dikenal di negara-negara Eropa sejak abad XIV dan burung ini dahulunya adalah jenis burung yng paling Amat digemari oleh kalangan wanita bangsawan ataupun orang-orang terpandang salah satunya pejabat-pejabat negara setempat, oleh karna itulah burung kenari identik lambang status pada waktu itu, orang-orang yng memelihara burung kenari dianggap menjadi kalangan bangsawan dan orang-orang kaya.
Awal penyebaran burung kenari ke seluruh penjuru dunia ini berawal dari bangsa Spanyol yng membawa oleh-oleh burung kenari liar yng orang-orang dapatkan dari kepulauan Kenari ( Canary Island) yng sukses ditaklukannya dan menjadi wilayah jajahannya selama beberapa waktu. Orang-orang Spanyol yang telah di sebutkan terasa kagum dan takjub yang dengannya jenis burung yng percis sekali orang-orang belum pernah melihatnya di tanah air orang-orang.
Dan semenjak itulah penyebaran burung kenari ini mulai meluas sampai-sampai ke daratan Inggris, Perancis, Italia, Belanda, Jerman, Belgia dan Rusia. Pada tatkala itu pula hampir seluruh negara yng salah satunya dalam benua eropa yang telah di sebutkan mulai berlomba-lomba menangkarkan burung kenari dan memproduksi kenari varian baru yang dengannya tatacara kawin silang dan sejenisnya, sampai-sampai saat ini ini kita yang dengannya gampang memperoleh kenari jenis silangan yang telah di sebutkan yng diunggulkan oleh negara penghasil kenari varian yang telah di sebutkan, misalnya negara Jerman yng mengunggulkan kenari jenis Roller ( Edelroller) yng mempunyai kualitas bunyi tidak jelek alias bagus yng menyambung (terus-menerus), begitu pula yang dengannya kenari Yorkshire asal Inggris, Crest, Frill, Border, Norwich dan Gloster. yng sampai-sampai kinipun masih mampu ditemui di pasaran lokal walau jumlahnya cukup dibatasi, oleh lantaran itulah tak heran kalau harga burung ini mampu makin tinggi harganya.
Jenis jenis kenari yng adalah kenari hasil penangkaran dari negara-negara eropa yang telah di sebutkan memanglah mempunyai keunggulan dan tanda khasnya masing-masing dan gampang dibedakan dari jenis kenari lain-lainnya semisal kenari Yorkshire yng mempunyai tubuh semisal Wortel, Kenari Frill yng mempunyai bulu-bulu yng sperti acak-acakan yang dengannya bulu yng terbalik, Kenari Belgian Fancy yng mempunyai tubuh bongkok yang dengannya kepala kecil dan kenari Scoth Fancy yng mempunyai bentuk badan semisal yng bengkok.
Tak seluruh kenari dari jenis diatas mempunyai bunyi yng tidak jelek alias bagus, lantaran itulah dalam perkembangannya kenari-kenari ini dibagi menjadi beberapa kategori semisal kenari tipe dan kenari penyanyi. dimana bagi atau bisa juga dikatakan untuk kenari tipe ini yng diunggulkan merupakan keunikan dari bentuk tubuh dan bulu-bulunya sedangkan kenari penyanyi merupakan kenari yng diunggulkan dari kualitas bunyi dan varian suaranya yng mengalun.
Yang akan di sajikan kali ini merupakan beberapa jenis kenari yng mempunyai bunyi yng mempunyai kualitas dan diunggulkan merupakan :
  • Kenari Yorkshire
    Kenari ini adalah hasil silangan antara kenari belgia yang dengannya lancashire yng dikembangkan di daerah Yorkshire di Inggris, kenari ini pula mempunyai kepandaian menirukan bunyi burung lain yang dengannya cepat.
  • Kenari Waterslager
    Kenari ini diunggulkan lantaran mempunyai kemampuan mempunyai lebih dari 15 jenis irama. suaranya yng mengalun mirip bunyi air terjun dan pula kepandaiannya menirukan bunyi macam-macam semisal bunyi dentingan bell dan ambulan dan lain-lain.
  • Kenari Border
    Kenari border ini dikenal mempunyai irama yng tidak jelek alias bagus yang dengannya tekukan yng tajam
  • Kenari Norwich
    Kenari ini mampu dikenali dari jambulnya yng menutupi matanya yang dengannya ukuran panjang sampai-sampai 10 cm. bunyi burung ini dikenal keras dan kencang ( Bunyi Kristal)
  • Kenari Gloster
    Kenari gloster ini selain unik pula menjadi kenari unggulan dari segi suaranya, lantaran cengkokan kenari ini dikenal Amat mengalun dan penuh variasi dan lagunya yng panjang. kenari gloster inipun terdiri dari kenari jambul ( Gloster Corona ) dan kenari yng tak mempunyai jambul ( Gloster Consort).
  • Kenari Roller
    Kenari Roller ini Suka pula disebut kenari Herzers lantaran asalnya dari Jerman yng dikembangkan di pegunaungan Hartz. Mempunyai nama Roller dikarenakan bunyi kenari ini yng terus-menerus ( dalam sebutan kita 'ngeroll').
  • Kenari Fusan
    Kenari FUsan ini merupakan satu dari sekian banyaknya jenis kenari yng dikembangkan di negara China namun asal burung ini merupakan dari neara Taiwan.

Sedangkan beberapa jenis dari kenari tipe merupakan:
  • Kenari Frill
    Kenari ini mempunyai bentuk yng unik dan pula suaranya yng merdu yng melengking. keunikan dari burung ini merupakan bulu-bulunya yng tampak acak-acakan yang dengannya bentuk bulu yng saling terbalik.
  • Kenari Belgia
    Kenari ini mempunyai bentuk yng unik menjadikan mirip yang dengannya burung yng mempunyai cacat, gaya berdiri burung ini Amat berbeda dimana kepalanya yng kecil ini selalu lebih rendah bahunya.
  • Kenari Scoth Fancy
    Kenari yng tampak semisal bertulang bengkok ini merupakan satu dari sekian banyaknya jenis kenari yng ternama dikembang biakan dan dipelihara menjadi burung jenis postur ataupun tipe. dilombakan lantaran bentuk tubuhnya bukan suaranya.
  • Kenari Gibber Italicus
    Kenari ini mampu disebut mempunyai keunikan ganda, selain bulunya yng menggulung dan terbalik semisal halnya kenari Frill,bentuk badanya pula bungkuk semisal kenari belgia dan kalau tengah berdiri tegak ia akan terlihat semisal angka tujuh.
  • Kenari Crested
    Kenari ini mempunyai keunikan semisal halnya kenari border dan kenari norwich yng mempunyai jambul di kepalanya. dikenal pula yang dengannya sebutan " King of Fancy" dimana jambul tebal yng ada ditengah kepalanya yang telah di sebutkan bila mengembang akan menutup matanya, malah merata sampai-sampai bagian belakang kepala menjadikan kenari inipun Suka pula dijuluki yang dengannya kenari mahkota.

Dari seluruh jenis kenari yang telah di sebutkan ada beberapa jenis kenari yng ternama di negara kita dan mampu didapati dipasar-pasar burung merupakan :
Kenari Taiwan
Kenari taiwan ini mempunyai tanda yng tak berbeda yang dengannya kenari lain-lainnya yakni warna bulunya yng kuning. yng membedakan dari kenari lain-lainnya merupakan bulunya yng tampak kasar dan kicauannya yng mampu dibedakan dari jenis kenari lain-lainnya yakni yng dicirikan yang dengannya bunyi tirrr.. yng cukup panjang dan jarang di lakukan oleh jenis kenari lain-lainnya misalnya lokal. dari segi kualitas kenari jenis taiwan ini Amat jarang dipakai dalam aneka macam even maupun kontes. lantaran cengkok bunyi kenari ini tak dalam dan jarang melakukan kocokan bunyi dan tak begitu pandai menirukan bunyi burung lain-lainnya ( tak mampu dimaster).
Kenari RRC ataupun kenari China
Kenari RRC yng tidak sedikit di pasaran merupakan yng mempunyai ukuran tubuh 12-13 cm dan fisiknya yng terlihat ramping. Bulu kenari RRC ini secara umum merupakan berwarna kuning keputihan, kualitas bunyi mampu disebut biasa saja dan pula lagu yng dinyanyikannya pun tak terlalu tebal dan tak mampu bersuara keras. namun kenari RRC ini mempunyai keunggulan diatas Kenari Taiwan yng mempunyai ukuran badan lebih besar ini yakni mempunyai cengkok bunyi yng Amat dalam dan kocokan bunyi yng Amat baik. Burung kenari jenis inipun Amat jarang dipakai dalam even ataupun kontes burung dan Suka dipelihara cuma menjadi burung rumahan (klangenan) saja.
Kenari Gloster
Semisal telah disebutkan diatas kenari gloster ini mempunyai dua jenis yakni jambul ( Gloster Corona) dan non jambul ( Gloster Consort), kualitas bunyi mampu disebut cukup baik, dan Suka dipakai dalam even maupun kontes burung. Suaranya tak berbeda yang dengannya kenari holland.
Kenari Holland
Pendapat dari catatan, kenari holland merupakan hasil persilangan dari aneka macam jenis kenari yng didatangkan dari inggris, jerman dan belgia. penangkar kenari dari belanda ini secara konsisten menyilangkan kenari yang telah di sebutkan yang dengannya kenari lokal belanda yng menghasilkan beberapa jenis kenari unggulan, Kenari holland ini sendiri adalah kenari penyanyi dan tak tergolong dalam jenis resmi didunia. Sebutan kenari holland ini cuma ada di indonesia saja lantaran memanglah kenari ini merupakan kenari impor dari belanda. Ukuran tubuh kenari holland ini berukuran 13-14 cm, warna bulunya pun Amat beragam misalnya kuning, coklat, merah wortel dan bond. kenari hollang ini pula Suka dipakai dalam even ataupun kontes burung lantaran bunyi kicauannya yng mampu disebut cukup mempunyai nilai kualitas, lantaran selain tebal dan keras, bunyi variasinya pun cukup tidak sedikit dan cengkok suaranya dan kocokan suaranya mampu mengalun secara berulang apalagi andai terus dilatih. kelebihan yang telah di sebutkan lantaran kenari holland ini adalah keturunan dari kenari jenis border, keunggulan lain merupakan lehernya yng akan menggembung dan menjadikan burung ini tampak menarik dipandang berlebi sewaktu berkicau.
Kenari Yorkshire
Kenari yorkshire ini mampu didapati di pasaran burung, malah ada beberapa jenis kenari ini yng adalah hasil silangan yang dengannya kenari holland dan pula silangan yang dengannya kenari gloster, yng mana kenari yorkshire hasil silangan yang telah di sebutkan tak mempunyai kualitas bunyi yng tidak jelek alias bagus semisal halnya kenari yorkshire impor (asli), Jenis kenari ini salah satunya kenari yng tidak sedikit dipakai dalam even ataupun kontes burung dan kadang menjadi satu dari sekian banyaknya burung favorit dalam arena yang telah di sebutkan lantaran suaranya yng mempunyai kualitas. kualitas bunyi dari yorkshire ini sendiri mampu disebut masih kalah dari jenis holland dari segi cengkok bunyi dan variasi suaranya. akan tetapi ketebalan dan kekerasan suaranya yng membuat kenari yorkshire ini tidak sedikit diminati penggemar kenari di indonesia .
Kenari Silangan lokal
Perkembangan kenari di indonesia sendiri telah tidak sedikit kemajuan, dan penangkaran kenari pun telah tidak sedikit bermunculan di seluruh wilayah di indonesia, menjadikan kenari hasil silangan pun tidak sedikit didapati dipasar-pasar burung. Kenari yng disilang yang dengannya jenis kenari lain-lainnya merupakan kenari yng paling tidak sedikit dicari dan ternama dipelihara di sini, misalnya kenari yorkshire yng disilangkan yang dengannya jenis lain misalnya betina holland maupun betina lokal, dimana anakannya mulai diperdengarkan yang dengannya burung-burung masteran, keberadaan kenari yang telah di sebutkan menjadi satu dari sekian banyaknya pengganti dikarenakan mahalnya harga burung-burung impor di pasaran indonesia.
Sesudah kenari yang dengannya kenari kini mampu pula didapati kenari Black-ken yng adalah hasil silangan antara Blackthroat jantan yang dengannya kenari betina biasa ataupun dari jenis lain. dari situlah muncul lagi kenari jenis Black-Sang yng adalah silangan antara Blackthroat jantan yang dengannya Elde Sanger Betina.
Pelopor kenari silangan di indonesia dikenal berasal dari Malang, dimana kota ini pula menjadi satu dari sekian banyaknya penghasil kenari-kenari yng dipasarkan keseluruh indonesia. perkembangan kenari silangan lokal inipun tak berhenti hingga disitu masih ada tidak sedikit penangkar yng menyilangkan beberapa kenari yang dengannya jenis lain dan akan terus bereksperimen sampai-sampai suatu hari kelak akan muncul kenari yng mempunyai tanda khas dan menjadi kebanggaan menjadi kenari produk indonesia.
Mudah-mudahan memberikan manfaat dan Salam Kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2013/12/sejarah-kenari-dan-perkembangannya.html.

Seputar Sejarah Kenari Dan Perkembangannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sejarah Kenari Dan Perkembangannya