Jenis - Jenis Cucak Rawa Dari Berbagai Daerah

- 11:39 AM

Jenis - Jenis Cucak Rawa Dari Berbagai Daerah

 
Bunyi kicauan Cucak Rawa yng mempunyai kualitas mempunyai beberapa kriteria, satu dari sekian banyaknya syarat yang telah di sebutkan terdapat atau terletak pada kemurnian suaranya. Ibarat benda seni, keorisinilannyalah yng mempunyai nilai jual yng tinggi. Hal yng butuh diperhatikan, Cucak Rawa mempunyai kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menirukan bunyi-bunyi tertentu, salah satunya kicauan burung yng lain-lainnya. Oleh karenanya, jangan memelihara burung yng suaranya mampu ditirukan oleh Cucak Rawa. Perawatan Cucak Rawa yng baik bisa memperpanjang usianya akan tetapi seiring usia Cucak Rawa yng bertambah (diatas 10 tahun) maka secara berangsur-angsur juga daya tahan tubuh dan kicauannya akan menurun kualitasnya. Akan tetapi jangan kuatir, hal yang telah di sebutkan diatas bisa dihambat yang dengannya pemberian makanan yng variatif dan perawatan yng baik.
Selama ini, Cucak Rawa yng berasal dari medan lebih ternama dibandingkan yang dengannya Cucak Rawa yng berasal dari daerah lain. Hal ini penyebabnya yaitu lantaran sejak dahulu Cucak Rawa asal medan ini yng selalu membanjiri pasaran.dalam tidak sedikit hal, Cucak Rawa asal medan bisa dikatakan lebih baik, akan tetapi kecepatan suaranya masih kalah bila dibanding yang dengannya Cucak Rawa asal daerah lain, lebih-lebih yng berasal dari lampung serta sumatera selatan. Hal ini masih belum begitu dipahami oleh kebanykan para penggemar Cucak Rawa.
Bila ditinjau dari segi alam, maka, Iklim, kesuburan tanah, ketinggian dari permukaan laut dan vegetasi di negara kita Amat beraneka ragam. Perbedaan-perbedaan ini dia yng bisa memicu perbedaan ukuran fisik, warna bulu ataupun kualitas bunyi Cucak Rawa. demikian halnya, selain karakter bawaan dari burung, pola perawatan turut berperan dalam menentukan kulitas Cucak Rawa Ini Kelak. Ada satu catatan, makanan alami yng tiap hari dikonsumsi oleh Cucak Rawa bisa berefek juga terhadap kualitas suaranya.
Mengukur kualitas bunyi kicauan bukanlah suatu perkara gampang, lantaran ukuran/kriterianya akan berbeda pada tiaporang/kembali ke selera masing-masing. Menjadi satu dari sekian banyaknya semisal, murai batu asal medan lebih mengandalkan volume serta variasi dalam berkicau. Sedangkan Murai Batu Asal Lampung Lebih Mengandalkan speed ataupun kecepatan dan gayanya yng atraktif. Demikian halnya juga yang dengannya Cucak Rawa, ada yng tidak jelek alias bagus di volume, variasi, speed/kecepatannya dll.
barikut jenis-Jenis Cucak Rawa Didasari Daerah Asalnya :
1. Cucak Rawa Medan
Ketenaran Cucakrawa daerah ini tak cuma dari suaranya, tetpi dari ukuran tubuhnya juga. Daerah ini mempunyai Hutan berawa-rawa yng luas serta tak terlalu jauh dari pantai menjadikan udaranya lumayan panas. Jadi pohon yng tumbuh disekitar tempat ini taklah terlalu tinggi.
a. Tanda-tanda
ukuran tubuhnya besar menjadikan bila dipegang terasa padat serta agak keras. Meskipun baru ditangkap dari alam bebas, warna bulunya cenderung semisal burung yng sudah lama dipelihara, yakni hijau keabu-abuan tidak banyak kecoklatan serta tampak bersih.
b. kualitas bunyi
rata-rata mempunyai bunyi kicauan yng baik, bervariasi dan mepunyai volume bunyi tang cukup besar. Akan tetapi kelemahannya merupakan tidak lebih didukung lengkingan bunyi ataupun jeritan, sehinga suaranya terkesan berat akan tetapi tidak lebih tebal. Bila diamati, kicauannya cenderung nggambang/mengambang. Selain itu, kicauannya tidak lebih mampu dibawakan secara cepat.
2. Cucak Rawa Aceh
Cucak Rawa asal aceh ini tidak sedikit dikenal menjadi Cucak Rawa asal medan. Namun, para penggemar yng senior bisa mebedakan antara Cucak Rawa Medan yang dengannya Cucak Rawa Aceh.
a. Tanda-Tanda
Cucak Rawa asal daerah ini, ukuran tubuhnya sebesar Cucak Rawa medan akan tetapi perbedaannya terdapat atau terletak pada bulunya, yaitu warna hijaunya lebih menonjol dari asal medan.
b. kualitas bunyi
kualitas suaranya tak jauh berbeda yang dengannya Cucak Rawa asal medan. Hal ini penyebabnya yaitu lantaran daerah langkat serta aceh cuma dijauhkan oleh sungai Besitang.
3. Cucak Rawa lampung
Kondisi alam daerah lampung biasanya berbukit yang dengannya hutan-hutannya yng tergolong berpohon tinggi. Hutannya pun tergolong hutan terbuka dalam bentangan yng luas. Meskipun salah satunya dtaran tinggi, daerah ini tergolong berudara cukup panas.
a. tanda-tanda
Cucak Rawa asal lampung ini mempunyai warna bulu yng hampir tak jauh berbeda yang dengannya daerah medan. Namun ukuran badannya tidak banyak berbeda. Cucak Rawa asal lampung mempunyai badan yng agak pendek meskipun besar badannya hampir percis yang dengannya Cucak Rawa medan. Akan tetapi demikian, Cucak Rawa asal daerah ini mempunyai fisik yng kekar, berdada bidang dan tulang sayap yng lebih kokoh bila dibandingkan yang dengannya Cucak Rawa Medan. Hal ini lebih penyebabnya yaitu oleh faktor alam/lingkungan sekitarnya.
b. kualitas bunyi
bunyi nya tak sekeras asal medan, akan tetapi kicauannya lebih tajam yang dengannya tidak banyak variasi yng lebih tidak banyak dibanding asal medan. akan tetapi Cucak Rawa dari daerah ini bisa atau mampu membawakan nyanyiannya dalam speed yng baik serta cepat.
4. Cucak Rawa Sumsel, Jambi serta Riau daratan
Daerah ini tergolong berhutan lebat serta berawa-rawa luas.
a. tanda-tanda
hampir percis semisal asal lampung, akan tetapi perbedaannya terdapat atau terletak pada bagian dadanya yng tidak lebih bidang.
b. kualitas bunyi
hampir percis yang dengannya lampung cuma saja yang dengannya volume lebih kecil tidak banyak bila dibandingkan lampung.
5. Cucak Rawa Kalimantan
Pada tatkala ini, yng tidak sedikit membanjiri pasaran merupakan Cucak Rawa yng berasal dari daerah ini.
a. tanda-tanda
warna-nya tidak lebih hijau bila dibandingkan Cucak Rawa asal sumatera demikian juga ukuran badannya. Ukuranbadannya taklah sebesar Cucak Rawa Sumatera.
b. Kualitas Bunyi
Cucak Rawa asal kalimantan ini taklah sebaik Cucak Rawa asal Sumatera. Kebanykan tempo kicauannya tidak banyak lambat dan tidak lebih keras serta tidak lebih tebal. Kebanykan, para penggemar Cucak Rawa menyatakan bahwasanya Cucak Rawa kalimantan ini bersuara tipis serta tidak lebih tajam.
sumber: kicaumania.org Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/11/jenis-jenis-cucak-rawa-dari-berbagai.html.

Seputar Jenis - Jenis Cucak Rawa Dari Berbagai Daerah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis - Jenis Cucak Rawa Dari Berbagai Daerah