Jenis-jenis Murai Batu Ekor Hitam Dari Sumatera [lengkap] - 1

- 6:15 PM

Jenis-jenis Murai Batu Ekor Hitam Dari Sumatera [lengkap] - 1

 
Jenis Murai Batu ekor hitam (Black tailed shama) mulai digandrungi tidak sedikit penghobi berkat beberapa keunggulan yng dimilikinya. Serta tak jarang burung Murai Batu ekor hitam lebih-lebih yng jenis Murai Batu Nias serta Murai Batu Aceh menyabet tidak sedikit juara lomba, baik di tingkat lokal ataupun taraf nasional. Bermula dari situ, lambat laun Murai Batu ekor hitam yng dulu pernah sempet dipandang sebelah mata kini mempunyai tempat tersendiri di hati pecinta Murai Batu.
Oleh lantaran yng Suka diikutsertakan lomba merupakan yng berjenis Murai Batu Nias serta Aceh, telah sepantasnya kedua jenis ini dia yng begitu ternama bagi atau bisa juga dikatakan untuk Murai Batu Ekor Hitam. Menjadikan tidak sedikit yng beranggapan setiap Murai Batu ekor hitam itu cuma ada dua, yaitu Murai Batu Nias yng terdapat di pulau Nias serta Murai Batu Aceh yng berhabitat di wilayah Aceh.
Memanglah, khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk Murai Batu ekor hitam itu sebagian besar jenisnya berada di kepulauan Sumatera. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenisnya sendiri ada lumayan tidak sedikit, jadi Murai Batu ekor hitam itu tak cuma Murai Batu Nias ataupun Murai Batu Aceh semisal yng diketahui tidak sedikit penghobi. Serta tempat penyebarannya pula tak cuma di pulau Nias serta Aceh saja, namun ada pula di lampung serta pulau Mentawai, Sumatera Barat.
Nah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenal lebih jauh mengenai jenis-jenis Murai Batu ekor hitam itu, maka di bawah ini akan dijelaskan masing-masing jenisnya.
Murai Batu Nias

Sesuai yang dengannya namanya, jenis ini cuma terdapat di pulau Nias, Sumatera Utara. Di Nias, Murai Batu ini disebut Totohua, dikenal menjadi tidak baik yng cerdik lantaran yang dengannya cepat bisa atau mampu menirukan kicauan burung lain-lainnya. Tanda khas bunyi kicauan Murai Batu Nias bervolume keras serta melengking, pula suka mengeluarkan bunyi tembakan-tembakan yng tidak terduga.
Yang dengannya ukuran panjang ekor mencapai 20-25 cm, umumnya terdiri atas enam pasang bulu ekor, yng kesemuanya berwarna hitam polos. Warna pada ekor tersebutlah yng membedakan Murai Batu Nias yang dengannya Murai Batu Medan. Ini adalah jenis Murai Batu yng gampang menyesuaikan diri dan mempunyai mental yng stabil menjadikan tak gampang stres, bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu tidak sedikit yng yang dengannya sengaja memeliharanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk disertakan dalam kontes lomba.
Murai Batu Simeulu/Sinabang

Sesuai yang dengannya namanya adapun tempat asli dari Murai Batu ekor hitam jenis ini berada di Pulau Simeulu, tepatnya di daerah Sinabang, provinsi Aceh. Murai Batu jenis ini relatif mempunyai postur tubuh yng mungil, panjang ekornya cuma berukuran 10-13 cm saja.
Murai Batu Simeulu tidak sedikit disukai para penghobi lantaran dari sisi ekonomis harga yng masih terjangkau. Rata-rata Murai Batu Simeulu/Sinabang dijual di kisaran harga di bawah 1 juta. Kelebihan dari burung ini merupakan cepat ngepoer serta gacor, lantas tingkat kematiannya pula relatif kecil lantaran gampang menyesuaikan diri yang dengannya lingkungan yng baru.
Tanda bunyi kicauannya berkarakter keras, tembakan-tembakan kicauan yng dikeluarkan tajam serta terdengar bening. Serta Murai Batu Simeulu ini memiliki tanda gaya bertarungnya yng suka bergaya semisal sujud sembari mengeluarkan kemampuan isian-isian kicauannya.
Populasi Murai Batu Simeulu di alam liar telah tidak sedikit berkurang, lantaran maraknya perburuan ilegal yng berlangsung di Kepulauan ini. Semisal yng dilansir Harian Serambi Indonesia (2/2013) lantas, penyelundupan sebanyk 600 Murai Batu Simeulu digagalkan oleh aparat kepolisian setempat, akan tetapi dari 600 Murai Batu Simeulu hasil perburuan ilegal itu, 70 diantaranya sudah mati. Tingginya perburuan liar terhadap Murai Batu Simeulu membuat Pemerintah Kabupaten Simeulu, Aceh mengeluarkan aturan (qanun) larangan penangkapan terhadap Murai Batu Simeulu serta larangan penjualan Murai Batu jenis ini di luar dari wilayah kabupaten.

Beli buku terkait


[bersambung...]
Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar :
Pic 1 : http://www.youtube.com/watch?v=-QV0Zbig6DI
Pic 2 : http://muraiekorhitam.blogspot.com/2013/02/mengupas-tentang-murai-ekor-hitam.html
Rujukan Goresan pena :
http://omkicau.com/2012/12/27/ragam-murai-batu-ekor-hitam-di-sumatera/
http://www.usahaternak.com/2014/07/murai-batu-nias-si-raja-ekor-hitam.html
http://balakdigdaya.blogspot.com/2013/08/murai-batu-sinabang.html serta beberapa sumber lain-lainnya.
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2014/08/jenis-jenis-murai-batu-ekor-hitam-dari.html.

Seputar Jenis-jenis Murai Batu Ekor Hitam Dari Sumatera [lengkap] - 1

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis-jenis Murai Batu Ekor Hitam Dari Sumatera [lengkap] - 1