Kendala Merawat Murai Batu Yang Berekor Panjang Beserta Solusinya -2

- 1:42 AM

Kendala Merawat Murai Batu Yang Berekor Panjang Beserta Solusinya -2

 
Bulu ekor menggunting
Ekor menggunting maksudnya bentuk ekor Murai Batu yang tumbuh berbentuk menyerupai gunting, yaitu tumbuhnya bulu ekor pendek diantara bulu ekor yang panjang di sekelilingnya, menjadikan membuat seolah ekor Murai Batu bercabang dua, berikut misalnya :
Penyebabnya mampu dikarenakan kondisi lingkungan sekitar yang tidak lebih lembab, alhasil bulu ekor terpanggang yang dengannya panasnya terik matahari menjadikan secara otomatis terjadinya perubahan bentuk. Selain itu, kebiasaan Murai Batu yang suka memainkan ekor tatkala mabung pula adalah satu dari sekian banyaknya faktornya, padahal mampu jadi pada tatkala itu bulu ekor belum sepenuhnya tumbuh yang dengannya sempurna. Hal ini akan diperparah andaikan sangkar Murai Batu terlalu kecil menjadikan pertumbuhan bulu ekor tak berjalan normal. Akibatnya, ada bulu yang berukuran panjang-pendek.
Solusinya, tentu ukuran sangkar pada Murai Batu berekor panjang haruslah yang berukuran besar, sesuaikan yang dengannya panjang ekor Murai Batu supaya burung pun leluasa bagi atau bisa juga dikatakan untuk bergerak. Jangan hingga pada tatkala burung duduk di tangkringan bulu ekornya mengenai jeruji sangkar. Sedangkan terkait pada kondisi lingkungan, di sini kamu mampu meletakkan sangkar Murai Batu pada tempat yang teduh serta jangan melakukan pengerodongan.

Tak normalnya pertumbuhan bulu ekor yang memanjang
Suka berlangsung pertumbuhan bulu ekor panjang pada Murai Batu tak normal, maksudnya ada bulu panjang yang mengarah ke atas serta bulu panjang lain-lainnya condong mengarah ke bawah semisal pada gambar. Yang dengannya kata lain pertumbuhan bulu tak sejajar walaupun panjang bulu ekor berukuran percis.
Dalam hal ini penyebabnya mampu dikarenakan oleh pemberian pakan yang tak tepat serta adanya tungau bulu. Kehadiran tungau bulu pada ekor Murai Batu membuat Murai Batu terasa tak nyaman, menjadikan kerap mematuki bulu ekornya. Berawal dari patokan-patokan itu lama-kelamaan posisi tulang bulu yang semula sejajar akhirnya mampu bergeser serta berganti.Bila telah demikian, pastinya pertumbuhan bulu akan tak sejajar.
Pada kasus semisal ini pembasmian tungau yang menempel pada bulu Murai Batu merupakan penting. Tatacara yang mampu kamu lakukan yakni yang dengannya menyemprotkan desinfektan pada tubuh serta bulu Murai Batu. Lantas melindungi kebersihan sangkar pula Perlu kamu perhatikan demi bebas dari ancaman tungau.

Lantaran andaikan ekor Murai Batu bentuknya telah semisal kasus ini maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembalikan bentuk ekor sejajar kembali normal kamu Perlu sabar menunggu Murai Batu mengalami masa mabung yang selanjutnya.
Tak tumbuh lagi bulu ekor panjang yang sudah terputus
Resiko yang cukup rawan berlangsung pada Murai Batu ekor panjang merupakan hilangnya bulu ekor secara permanen. Tidak sedikit fenomena, Murai Batu ekor panjang yang telah melakoni masa mabung lantas mengalami putusnya bulu ekor, maka bulu ekornya tak mau tumbuh lagi.
Apa yang menyebabkannya? Ini akibat dari terganggunya kebugaran atau kesehatan Murai Batu, semisal berlangsung gatal-gatal ataupun stres menjadikan Murai Batu mencabuti bulu ekornya sendiri. Akan tetapi mampu pula penyebabnya yaitu oleh perawatan yang tak tepat di lakukan penghobi. Suka fenomena, penghobi memaksakan mencabuti bulu ekor Murai Batu lantaran terlalu lama menunggu rontoknya bulu disaat Murai Batu mengalami mabung.
Tindakan semisal ini tak dibenarkan. Karena, dikhawatirkan tindakan mencabut bulu ekor secara paksa akan merusak lubang tumbuhnya tunas bulu. Ini dia yang menghasilkan bulu ekor tak tumbuh lagi secara permanen.

Solusinya merupakan yang dengannya melindungi kebugaran atau kesehatan Murai Batu yang dengannya baik. Jauhkan Murai Batu dari hal-hal yang bisa membuatnya stres. Gatal-gatal yang dialami Murai Batu umumnya lantaran adanya kutu serta tungau yang menempel di bulu. Semisal yang telah disebutkan sebelumnya, semprotkan desinfektan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya, dan lakukan pencegahan yang dengannya tips melindungi kebersihan sangkar. Yang terakhir, hindari tindakan-tindakan kamu selaku pemilik yang berisiko terhadap pertumbuhan bulu ekor murai batu apalagi tanpa dibarengi yang dengannya pengetahuan yang mumpuni.
Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar :
Pic 1 : http://i48.photobucket.com/albums/f236/efendi_6731/befendi012.jpg
Pic 2 : http://perawatanmurai.blogspot.com/2013/12/mengembalikan-kondisi-ekor-murai-batu.html
Pic 3 : http://zzzloveanimalzzz.blogspot.com/2011/04/kebiasaan-murai-batu-mabung-khusus-ekor.html
Sumber Rujukan :
http://omkicau.com/2013/08/12/permasalahan-umum-pada-murai-batu-ekor-panjang/
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2014/10/kendala-merawat-murai-batu-yang-berekor_13.html.

Seputar Kendala Merawat Murai Batu Yang Berekor Panjang Beserta Solusinya -2

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kendala Merawat Murai Batu Yang Berekor Panjang Beserta Solusinya -2