Tips Singkat Bedakan Trucukan Jantan Dengan Betina

- 3:30 PM

Tips Singkat Bedakan Trucukan Jantan Dengan Betina

 
Bagi penggemar burung di Indonesia, trucukan semisal halnya kutilang adalah jenis burung peliharaan yng cukup popular serta tidak sedikit dipelihara sejak zaman dulu. Kemudahan dalam perawatannya serta karakter burung yng gampang jinak menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian kicaumania. Berikut cara singkat bedakan trucukan jantan dengan betina.

Dalam bahasa daerah trucukan ataupun merbah cerukcuk yng mempunyai beberapa nama sebutan yakni biribba, empuru lelang, merbah kampung, crocokan, jrog-jrog, ataupun merbah kapur adalah spesies burung dengan penyebaran yng cukup luas di tempat Asia Tenggara. Jenis burung ini dianggap menjadi burung lokal sebagaimana kutilang lantaran keberadaannya yng umum didapati di dekat wilayah pemukiman.
Selain gampang dibuat jinak, trucukan memiliki alunan bunyi yng ngeropel disertai gaya berkicaunya yng khas. Kemampuannya yang telah di sebutkan menjadi daya tarik bagi kicaumania bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeliharanya. Selama ini, trucukan yng dianggap mempunyai kemampuan lebih merupakan yng berjenis kelamin jantan. Walaupun betina sama-sama berkicau akan tetapi kemampuannya dianggap masih kalah jauh dibandingkan burung jantan.
Membedakan trucukan jantan dengan betina memanglah bukan perkara gampang, apalagi penampilan keduanya bak pinang dibelah dua. Akan tetapi didasari pengalaman para kicaumania, berikut ciri-ciri yng Perlu diperhatikan dalam membedakan trucukan jantan dengan betina.
Trucukan jantan:
  • Bagian dalam dari mulutnya cenderung berwarna kekuningan, sedangkan betina berwarna putih.
  • Ukuran tubuh lebih besar, kekar, serta lebih tegak dari burung betina yng cenderung berdiri membungkuk dengan ukuran tubuh lebih kecil.
  • Warna hitam di sekeliling matanya lebih tegas, makin berumur burung maka makin ketara perbedaannya.
  • Warna bulu di bagian dada tidak banyak lebih gelap, sedangkan burung betina memiliki warna bulu dada lebih terang.
  • Bulu ekor burung trucukan jantan cenderung bersatu/tak mengembang, tak semisal betina yng ekornya cenderung selalu mengembang.
  • Bentuk leher yng lebih besar serta kekar daripada betina.

Demikianlah ciri-ciri umum yng mampu diperhatikan sewaktu membedakan trucukan jantan dengan betinanya. Akan tetapi begitu, ciri-ciri yng disebutkan di atas taklah selalu tepat 100% lantaran Amat bergantung dari faktor umur serta kondisi burung yang telah di sebutkan.
Salam kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2016/06/tips-singkat-bedakan-trucukan-jantan.html.

Seputar Tips Singkat Bedakan Trucukan Jantan Dengan Betina

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Singkat Bedakan Trucukan Jantan Dengan Betina