Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau

- 1:48 PM

Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau

 

Daun sirih merupakan tanaman asli indonesia,yng mulai turun temurun biasa di manfaatkan oleh tidak sedikit orang menjadi obat antiseptik tradisioanal bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan segala jenis penyakit.
Manfaat daun sirih bukan cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita-kita,melainkan mampu pula kita manfaatkan kepada burung peliharaan.
Semisal yng kita ketahui penyakit pada burung tidak sedikit di karenakan oleh virus,bakteri serta jamur.ke tiga hama yang telah di sebutkan pasti ada di sekeliling sangkar andai kita jarang melindungi pola kebersihan sangkar pada burung yang telah di sebutkan.
Akan tetapi timbulnya ke tiga hama yang telah di sebutkan bukan cuma di karnakan kita malas membersihkan sangkar saja,melainkan ada pula pemicu lain contohnya saling tukar kerodong,penukaran sangkar,saling tukar tempat pakan serta akibat penyebaran lewat udara.karna dasarnya memang ke tiga hama tetsebut gampang menular serta berkembang.
Penyakit pada burung yng kerap di alami akibat hama di atas adalah kutuan,kaki bubulan serta bunyi serak.
Ketiga penyakit yang telah di sebutkan andai dibiarkan tanpa ada penanganan maka akan berdampak tidak baik bagi burung kita ke depannya.
Burung yng di kenai kutu umumnya malas mau berkicau,kesehariannya burung selalu sibuk menggaruk-garuk badannya menjadikan menghasilkan bulu rusak serta rontok bukan pada saatnya.burung yng terjangkit kutu pula merusak penampilannya,menjadikan tak sedap di pandang mata.
Kaki bubulan pada burung menimbulkan burung susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertengger serta selalu berada di alas sangkar.andai di biarkan berangsur lama akan menghasilkan kelumpuhan serta berujung pada kematian.
Sedangkan bunyi serak pada burung akibat bakteri serta jamur yng menyerang pada tenggorokan.rasa sakit tatkala burung berkicau akan membuat burung yang telah di sebutkan diam permanen andaikan tanpa ada penanganan yng cepat.
Pada peluang di artikel ini saya akan membagikan cara kebugaran atau kesehatan bagi burung berkicau yang dengannya bahan utama daun sirih.
Sebelum anda sekalian menerapkan ada baiknya anda sekalian baca yang dengannya telaah berlebi dahulu langkah-langkah yng akan saya sampaikan yang akan di sajikan kali ini:
PENYEMBUHAN BURUNG YANG KUTUAN
Siapkan 3 lembar daun sirih yng telah tua yang dengannya ciri-ciri warna hijau kecoklatan,lantas anda sekalian cuci hingga bersih.
Rebus 3 lembar daun sirih yang telah di sebutkan ke dalam panci ataupun wadah merebus air lain-lainnya yang dengannya 3 gelas air bersih.
Lamanya merebus usahakan hingga 5 menit selama air mendidih.seusai selesai diamkan dulu air rebusan sirih hingga tersa dingin.
Tuangkan air rebusan sirih ke dalam sepray ataupun semprotan buat memandikan burung.
Mandikan burung yang dengannya air sirih yang telah di sebutkan dua kali dalam sehari (pagi serta sore).
Andai burung telah basah kuyub akan tetapi air rebusan masih ada,anda sekalian semprotkan pada daerah sangkar contohnya jeruji,tangkringan serta alas sangkar supaya bakteri yng melekat pada sangkar pula mampu terbunuh.
Anda sekalian tak butuh kuatir andai air rebusan daun sirih di kenai mata serta tertelan oleh burung,karna daun sirih tidak sedikit memiliki kandungan zat alami yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan serta pula tak beracun bagi burung.
Lakukan yang dengannya rutin tips di atas supaya burung anda sekalian terhindar dari kutu serta membuat bulu burung tumbuh yang dengannya tidak jelek alias bagus kembali.
Andai anda sekalian memakai keramba bagi atau bisa juga dikatakan untuk memandikan burung usahakan porsi daun sirih bagi atau bisa juga dikatakan untuk campuran air di seimbangkan.misalkan anda sekalian mau mengisi air pada pada keramba sebayak 10 gelas, maka daun sirih bagi atau bisa juga dikatakan untuk campuran sebanyk 10 lembar.
PENYEMBUHAN KAKI BURUNG BUBULAN
Siapkan 6 lembar daun sirih serta cuci sampai-sampai bersih supaya lebih higienis.
Rebus ke 6 lembar daun sirih yang telah di sebutkan ke dalam 1 (satu) gelas air.
Lamanya perebusan di usahakan air dalam panci yng semula satu gelas hingga tersisa 1/2 gelas.
Andai telah selesai tuang pada wadah yng telah anda sekalian siapkan.campurkan 1/2 sendok garam beryodium lantas aduk hingga larut seutuhnya.diamkan berlebi dahulu air rebusan daun sirih akan tetapi jangan hingga terasa dingin,melainkan hingga terasa Anget.
Cuci kaki burung sembari lakukan pemijatan lembut pada kaki burung yng bubulan yang telah di sebutkan yang dengannya air rebusan daun sirih selagi masih Anget.
Lakukan tips ini minimal satu kali dalam sehari hingga kaki burung benar-benar sembuh dari bubulan.
Dalam proses penyembuhan ini ada baiknya andai tangkringan dalam sangkar anda sekalian cuci bersih sehari-hari serta diganti satu minggu sekali.
Kelembapan sangkar pula Perlu di jaga,sehari-hari sangkar selalu di jemur pada terik matahari langsung supaya tetap kering.
PENYEMBUHAN SUARA SERAK PADA BURUNG
Siapkan 4 lembar daun sirih,jahe sebesar ibu jari,1 lembar daun mengkudu yng masih muda,lantas cuci berlebi dahulu ke tiga bahan di atas.
Rebus 2 gelas air bersih yang dengannya besar api tengah.seusai mendidih tuangkan ketiga bahan di atas akan tetapi sebelum di tuang jahe di peyet berlebi dahulu.lamanya perebusan cukup 10 menit saja.andai telah selesai tuangkan pada wadah serta diamkan sampai-sampai dingin.
Tatacara pemberian pada burung usahakan memakai inisiatif supaya burung senantiasa meminumnya.
Misalnya: disaat burung lagi di jemur,satu jam sebelum burung mau di gantang dalam ruangan air minum dalam sangkar anda sekalian ambil berlebi dahulu.
Intinya buat burung terasa haus lantas boleh anda sekalian berikan air rebusan ramuan di atas.
Butuh di ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk inisiatif ini butuh anda sekalian pantau supaya burung tak terasa dehidrasi berlebihan yng akan berakibat fatal.
Sekian tulisan atau artikel ini serta mudah-mudahan memberikan manfaat.jangan tidak ingat bantu share kepada yng lain-lainnya.Terimakasih.


Sumber rujukan dan gambar : http://dhbindonesia.blogspot.com/2016/10/manfaat-daun-sirih-bagi-kesehatan-burung.html.

Seputar Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau