Mengenal Jenis-jenis Cacing Yang Menyerang Burung Murai Batu - 1

- 9:03 PM

Mengenal Jenis-jenis Cacing Yang Menyerang Burung Murai Batu - 1

 
Andai pada tulisan atau artikel yang lantas sudah dijelaskan mengenai penyakit cacingan yang menyerang burung murai batu menjadikan mengerti dalam penanganannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan burung murai batu yang dijangkiti oleh cacing. Nah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk goresan pena di artikel ini akan dijelaskan secara khusus mengenai aneka macam jenis cacing yang umumnya menyerang burung ocehan salah satunya burung murai batu.
Cacing yang menyerang burung murai batu akan memicu burung mengalami kekurusan ataupun kehilangan berat badannya diakibatkan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh burung murai batu diserap oleh cacing yang ada di dalamnya. Menjadikan burung murai batu akan tampak kurus, lemas, serta bulunya mengalami kerontokan. Sedari itu memanglah bagi para pecinta burung ocehan salah satunya burung murai batu diharapkan mengenal jenis-jenis cacing yang umumnya menyerang burung murai batu salah satunya gejala yang dialami oleh burung murai batu.
Jenis-jenis cacing yang umumnya menjangkiti tubuh burung ocehan salah satunya burung murai batu adalah cacing rambut, cacing gelang, cacing tenggorokan, serta cacing pita. Masing-masing dari jenis cacing yang telah di sebutkan akan memberikan gejala yang berbeda-beda bagi burung murai batu yang dijangkitinya. Sedari itu simaklah tulisan atau artikel ini hingga tuntas bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengulas satu per satu dari jenis-jenis cacing yang telah di sebutkan yang bisa memicu burung murai batu mampu sakit.
Cacing rambut

Cacing rambut memiliki nama ilmiah Tubifex Sp merupakan jenis cacing yang hidup di tempat-tempat yang tidak sedikit memiliki kandungan bahan organik yang dengannya berkumpul secara berkoloni ataupun berkelompok. Ukuran cacing rambut adalah sekitar 1 hingga 3 cm serta berwarna merah. Biasanya cacing ini menjadi santapan bagi ikan-ikan yang hidup di selokan lantaran keberadaan cacing rambut pula ada di selokan. Lantaran dalam tubuh cacing rambut terdapat kandungan protein sebanyk 57 % serta lemak sekitar 13 % menjadikan Amat tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan yang memakannya.
Cacing rambut memiliki jenis kelamin ganda yaitu terdapatnya testis serta ovarium di tubuhnya sedari itu hewan ini bersifat hermafrodit. Namun meskipun cacing rambut memiliki dua kelamin dalam tubuhnya, ia pula butuh sperma dari cacing rambut lain seusai berlangsung pembuahan maka cacing yang telah di sebutkan akan bertelur bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkembang biak.
Bagi burung murai batu yang terjangkit cacing rambut di dalam tubuhnya akan mengalami gejala berupa diare. Serta pula andai satu burung telah terjangkit oleh cacing rambut maka burung lain yang ada di dalam sangkar akan terjangkit oleh cacing rambut yang telah di sebutkan. Sedari itu andai burung murai batu mengalami diare sebaik barangkali diobati serta pisahkan dari burung lain yang sekandang dengannya.
Burung murai batu yang dijangkiti oleh cacing rambut penyebabnya berasal dari aneka macam faktor diantaranya kondisi sangkar yang kotor, pakan yang telah tak layak, serta minuman yang tak diganti. Sedari itu memanglah kebersihan sangkar, pakan murai batu, serta kebersihan murai batu merupakan kunci bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjauhkan cacing rambut menjangkit burung murai batu.
Cacing gelang

Burung murai batu yang terjangkit oleh cacing gelang akan mengalami gejala kekurangan darah (anemia) menjadikan burung akan tampak pucat serta lesu ataupun tak bersemangat bagi atau bisa juga dikatakan untuk beraktivitas. Cacing gelang umumnya hidup dalam usus mahluk hidup yang ditinggalinya yang dengannya hidup berkelompok serta malas beralih tempat. Menjadikan akibatnya burung murai batu ataupun burung ocehan lain-lainnya yang terjangkit cacing gelang akan mengalami rasa sakit pada bagian perutnya lantaran tersumbatnya saluran pencernaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproses makanan yang masuk. Sedari itu bila berlangsung lama burung murai batu mampu akan mati lantaran menahan rasa sakit di bagian ususnya.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://omkicau.com/artikel-lengkap/peta-penyakit-burung/#jenis
http://forum.pertanianku.com/forum/perikanan/pakan-ikan/214-mengenal-cacing-sutera
Gambar:
http://www.bebeja.com/7-langkah-beternak-cacing-sutra/
http://majalahkesehatan.com/wp-content/uploads/2010/07/cacing-gelang.jpg
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2014/07/mengenal-jenis-jenis-cacing-yang.html.

Seputar Mengenal Jenis-jenis Cacing Yang Menyerang Burung Murai Batu - 1

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Jenis-jenis Cacing Yang Menyerang Burung Murai Batu - 1