Menyiapkan Burung Kacer Untuk Kontes

- 3:45 PM

Menyiapkan Burung Kacer Untuk Kontes

 
Burung kacer telah menjadi burung favorit kicaumania di seluruh Indonesia. Burung yng terkenal yang dengannya gaya ngobranya ini pun tidak sedikit dipelihara untuk tujuan dilombakan. Namun walaupun burung kacer salah satunya jenis burung figther ataupun teritorial, akan tetapi tak seluruh individu burung mampu dilombakan lantaran untuk itu dibutuhkan beberapa kondisi yng membuat burung yang telah di sebutkan siap untuk bertarung.

Disaat burung yng tak siap lomba dipaksakan untuk bertanding maka akibatnya mampu menjadi Amat fatal, yakni burung akan ngedrop serta pada kasus paling parah burung akan mengalami kondisi yng kita sebut menjadi Mbagong permanen!, nah kalau telah begitu burung kacer yang telah di sebutkan cuma akan menjadi burung rumahan saja yng dipelihara untuk didengarkan bunyi kicauannya.
Yang akan di sajikan kali ini merupakan beberapa kondisi yng wajib diperhatikan sebelum burung yang telah di sebutkan dilombakan.
1. Mental burung
Mental burung kacer merupakan senjata utama yng mampu membuat burung yang telah di sebutkan mau bertahan serta terus menampilkan gaya serta suaranya selama lomba berlangsung. Mental berkaitan erat yang dengannya perawatan hariannya, salah satunya seringnya burung yang telah di sebutkan dilatih tanding yang dengannya burung yng masih muda ataupun burung yng berkarakter tidak baik untuk tujuan membangkitkan mental dari kacer yang telah di sebutkan.
Sesudah burung mempunyai mental yng ditandai yang dengannya makin beraninya burung tampil dihadapan lawannya, maka perawatan selanjutnya merupakan melindungi karakter burung yang telah di sebutkan yang dengannya perawatan yng rutin serta teratur yng tak berubah-ubah.
2. Stamina Burung
Melindungi stamina burung merupakan satu dari sekian banyaknya faktor untuk mencapai maupun meraih kemenangan dalam sebuah lomba, burung yng tidak lebih stamina maka cenderung tampil pada awal-awalnya saja sedangkan di pertengahan orang-orang kebanykan kehabisan energinya serta lebih tidak sedikit diam ataupun berjalan naik turun tangkringan.
Stamina Perlu di awasi yang dengannya memberikan pakan tinggi nutrisi, vitamin, olahraga, serta tak mempertemukan yang dengannya burung lain maupun mendengarkan bunyi burung lain sebelum burung dipersiapkan untuk lomba
3. Kebersihan sangkar
Tak mampu disangkal, kebersihan sangkar mampu menentukan sifat kacer sewaktu dilombakan. Sangkar yng kotor yang dengannya sisa-sisa makanan berserakan di dasar sangkarnya maka akan membuat burung kacer akan memindahkan perhatiannya yang dengannya memunguti makanan di lantai dasar. Hal itu pasti di lakukan oleh kacer yng terasa terpojok oleh lawan menjadi upaya pengalihan perhatian.
Andai sangkar bersih maka burung akan terus bertahan walau digempur oleh lawan-lawannya, lantaran itulah melindungi kebersihan sangkarnya merupakan syarat wajib sebelum burung digantang.
4. Ukuran sangkar
Tempatkan burung dalam sangkar yng cocok bagi orang-orang. Sangkar yng terlalu besar cenderung membuat burung bertingkah nakal disaat tengah bertanding, sedangkan sangkar yng terlalu kecil cenderung membuat burung lebih tidak sedikit diam di dasar sangkarnya.
5. Bentuk tenggeran
Genakan tenggeran yng kuat, tak goyah serta kaki burung mampu mencengkeram yang dengannya jari belakang yng melingkar ke depan serta jari depan tetap berada di atas. Andai jari-jari orang-orang mencengkeram yang dengannya melingkari tenggeran itu pengertiannya tenggeran terlalu kecil bagi burung serta umumnya gaya burung tak akan bertahan lama lantaran selalu tubuhnya yng selalu goyah. Akan tetapi andai seluruh jari-jari burung berada di atas itu pengertiannya tengeran terlalu besar serta burung tak akan nyaman berada di atasnya.
Berikan tenggeran yng tepat yang dengannya posisi jari yng mampu mencengkeram 75-80% tenggerannya. Lantaran yang dengannya begitu mau bergaya apapun kaki burung tetap kuat bertahan di tenggerannya. Genakan juga tenggeran yng memiliki permukaan kasar serta tak licin, misalnya dari ranting pohon asem, ataupun mempergunakan tenggeran kayu yng dipahat selain itu jangan biasakan mempergunakan tenggeran permukaan yng semisal amplas lantaran tenggeran seprti itu andai terus dipakai mampu memberikan dampak yng tidak lebih baik bagi burung.
6. Tempat makan serta minum
Untuk mencegah burung kacer tak fokus sewaktu bertanding, tidak sedikit penggemar yng mengangkat tempat makan serta tempat minum sebelum burung digantang.
Mudah-mudahan manfaat serta Salam kicau! Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/10/menyiapkan-burung-kacer-untuk-kontes.html.

Seputar Menyiapkan Burung Kacer Untuk Kontes

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menyiapkan Burung Kacer Untuk Kontes