Penangkaran Murai Batu Disangkar Gantung

- 5:48 AM

Penangkaran Murai Batu Disangkar Gantung

 
Makin sempitnya lahan di perkotaan membuat kalangan calon penangkar, khususnya pemilik lahan dibatasi, kesulitan bagaimana tatacara mengembangkan penangkaran burung yng akan di ternakkan. Lebih-lebih jenis burung murai batu.
Sebetulnya penangkar jenis burung murai batu dikandang sekecil apapun mampu. Serta itu telah di buktikan oleh Alm. Abun seorang breeder murai batu berhasil di Jakarta kala itu. Ratusan anakan yng di produksinya dari hasil breeding di sangkar ukuran dibatasi. Malah beberapa di antaranya yang dengannya model sangkar gantung.
free image hosting
Kini penangkaran model sangkar gantung buat murai batu pula telah makin ternama serta tidak sedikit sukses di lakukan para penangkar. Iwan Fitriadi breeder di tempat tangerang banten merupakan di antaranya. Dia mempergunakan sangkar ini lantaran keterbatasan lahan yng tersedia. Yang dengannya begitu, model penangkaran semisal ini simpel serta praktis, mampu menghemat tempat. Lantaran posisi sangkar mampu ditempatkan di manapun sesuai yng kita maui. Asalkan aman dari gangguan binatang tikus, kucing serta predator lain-lainnya.
Yng dimaksud penangkar sangkar gantung disini tidak lain sangkar burung biasa yng lazim di pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk murai batu. Mampu sangkar kotak maupun model bulat, yng penting standar bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar murai batu, mampu berukuran tidak lebih lebih 60cmx70cmx80cm. Sangkar bambu yang telah di sebutkan di tutup bagian kiri kanannya yang dengannya kain ataupun penyekat yang dengannya tujuan supaya tak saling melihat yang dengannya pasang sejenisnya ataupun satu dari sekian banyaknya burung sejenis. Itu bila yng di ternakkan lebih dari satu pasang.
Menjadi tempat kotak sarang, bagian belakangnya di lubangi yang dengannya ukuran lebih besar dari badan burung. Di belakangnya di sediakan box cukup dari bahan kardus supaya lebih enteng bila di tempelkan di badan sangkar. Di dalam box kardus ukuran 20cmx30cmx10cm ini di tempatkan serabut kelapa ataupun ranting rumput halus, sebagian di tebar di lantai sangkar.
tiff upload
Keuntungan sangkar gantung ini, yakni tadi selain mampu menghemat tempat, sangkar pula mampu di pindah-pindah sesuai keinginan selera tempat yng di inginkan sang pemilik. Yng penting terlindung dari hujan ataupun gangguan binatang yng mampu mengganggunya. Jadi, walaupun indukan tengah bertelur ataupun mengeram, sangkar mampu sembari di turun serta naikkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk di buat bersih.
Calon indukan yng siap di masukan di penangkaran semisal ini di usahakan melalui perjodohan berlebi dahulu. Yang dengannya kondisi siap birahi, yng lebih penting pendapat dari Iwan keduanya berkharakter jinak, tak liar. Lantaran burung yng awal mulanya telah jodoh serta keduanya jinak akan gampang beradptasi yang dengannya lingkungan sekitarnya. "Keduanya juga harus mau masuk bak mandi agar mudah terawatnya, karena mandinya kan menggunakan keramba mandi," terperinci Iwan.
Sesudah berjodoh keduanya akan saling mengangkut sarang serta menyusunnya. Seminggu lantas akan bertelur. Bilamana telur di Buang ada beberapa penyebab, mampu saja kondisi penataan sarang yng membuatnya tak nyaman ataupun terganggu yang dengannya melihat burung sejenis di sekitarnya. Pembuatan sarang ini disusun kedua indukan yang dengannya model kasa di bagian bawah serta makin atas serta di dalamnya makin luas.
Tak lama seusai mengangkut sarang, beberapa hari lantas indukan betina akan betelur. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat telur, pemilik tinggal membuka bagian atas box sarang seusai sebelumnya menutup lubang yang dengannya lembaran triplek penutup lubang sarang berlebi dahulu.
Indukan betina akan betelur dua hingga tiga butir, seusai menetas anakan akan di asuh indukannya hingga sepuluh hari, selanjutnya anakan di panen serta dimasukkan ke inkubator. Memasuki umur dua minggu anakan telah mampu di pasangi ring kode pemilik.
Kebutuhan pakan indukan yng tengah bawa anakan di kasih porsi cacing lebih tidak sedikit. Kecuali di tatkala mengeram indukan cukup diberi jangkrik serta kroto. Sedangkan pakan di hari pertama masuk inkubator di kasih jangkrik ukuran kecil yng kakinya telah di buat bersih. Selain itu pula di kasih adonan voer yng di aduk yang dengannya kroto bersih. Eksfood lain-lainnya di berikan potongan cacing. Anakan burung di asuh hingga mampu makan sendiri umumnya menginjak di atas satu bulan. Pada umur yang telah di sebutkan, anakan telah mampu di pasarkan.
Bilamana satu dari sekian banyaknya di antara indukan tengah mabung, misalnya jantan tengah mabung Perlu di pisahkan serta di istirahatkan. Mampu pula di kawinkan, namun seusai betinanya bertelur indukan jantan segera di pisahkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk istirahat. Lain halnya bila indukan betinanya yng mabung umumnya tak akan berproduksi/bertelur
  • Penanganan Murai Batu Lepas
  • Penangkaran murai di sangkar gantung
  • Pencegahan Murai batu tak sekarat
  • Murai Batu Macet serta tak Gacor Lagi
  • Perhatian andai ingin membelu murai batu
  • Cara Kemampuan murai batu paling baik
  • Membiasakan murai batu makan Voer
  • Murai batu lomba serta cara perawatan
  • Penjinakan murai batu
  • Murai batu nias serta jenisnya
  • Peternakan murai batu
  • Murai batu dewasa hutan serta perawatannya
  • Tanda khas murai batu kalimantan
  • Typikal murai batu borneo
  • Berhasil menangkar murai
  • Murai batu berkutu serta tipsnya


Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/07/penangkaran-murai-batu-disangkar-gantung.html.

Seputar Penangkaran Murai Batu Disangkar Gantung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penangkaran Murai Batu Disangkar Gantung