Mengenal Kepodang Dan Perawatannya

- 7:30 AM

Mengenal Kepodang Dan Perawatannya

 
Andai masih tidak sedikit burung kepodang berkeliaran di hutan hutan tentu kita hingga tatkala ini masih mampu mendengar alunan kicauannya yng membahana dan menggema ke seluruh penjuru lantaran burung ini terkenal yang dengannya bunyi alunan kicauannya yng merdu dan keras. dari beberapa jenis burung kepodang yng ada di indonesia ini ada beberapa yng butuh kita ketahui semisal :
Banyak sekali jenis burung kepodang
1. Kepodang Emas ( yng adalah maskot jawa sedang) 2. Kepodang Batu 3. Kepodang Kapur.
Dari ketiga jenis kepodang yang telah di sebutkan, yng paling tidak sedikit dicari merupakan burung kepodang emas yng mempunyai tanda tanda antara lain:
  • Ukuran tubuh yng lebih besar dari burung kepodang jenis lain-lainnya
  • Warna kuning yng cerah dan tak terlalu kusam ataupun tua.
  • Warna paruh yng putih ataupun kuning gading
  • Mata kemerahan

Bunyi burung kepodang emas ini terdengar paling kencang diantara kepodang yng lain-lainnya. dan andai kita merawatnya dari masih muda ataupun piyikan bukan tak barangkali burung ini mampu menirukan bunyi burung lain-lainnya walau cuma beberapa saja.
Bentuk Fisik Kepodang Batu dan Kepodang Kapur secara sekilas hampir mirip, cuma saja dari habitatnya yng berbeda kepodang kapur tidak sedikit didapati di daerah pegunungan ataupun perbukitan sementara kepodang batu lebih cenderung menyukai wilayah pesisir ataupun dataran rendah. Ukuran tubuh lebih kecil dari kepodang emas, yang dengannya paruh yng berwarna kehitaman ataupun warna putih kehitaman, bulu sayapnya pun ada yng berwarna hitam pekat. bunyi terdengar lebih berisik walau tak sekeras kepodang emas, kelebihannya merupakan kepodang kapur dan kepodang batu ini lebih gampang menyesuaikan diri yang dengannya kondisi cuaca ataupun lingkungan yng baru dibanding kepodang emas.
Makanan
Selain Voer yng adalah pakan utama sehari harinya , burung kepodang wajib diberikan buah-buahan yng kaya nutrisi yang dengannya pemberian yng diselang-seling setiap harinya, misalnya Pisang- Apel-Pepaya-Jambu biji, dll . ada bebrapa burung kepodang yng menyukai jangkrik ataupun serangga akan tetapi ada pula yng tak begitu suka yang dengannya serangga, akan tetapi hal yang telah di sebutkan tak menjadi masalah selama burung yang telah di sebutkan mau memakan buah-buahan yng adalah makanan alaminya. Supaya burung kepodang mampu berbunyi yang dengannya rajin maka kunci utama dari perawatan yang telah di sebutkan merupakan kebersihan sangkar dan air minumnya, jagalah kebersihan sangkar setiap harinya pula air minum yng Perlu selalu diperiksa setiap waktu lantaran burung yng makan lebih tidak sedikit buah-buahan cenderung lebih cepat mengotori air minumnya. Pemberian Mandi bergantung dari karakter burungnya ada yng senang disemprot yang dengannya sprayer ada pula yng senang mandi dalam bak mandinya.
Satu hal yng layak menjadi pertimbangan bagi kicau mania bahwasanya kepodang emas adalah burung yng salah satunya satwa yng dilindungi lantaran hampir punah di habitatnya menjadikan keberadaannya pun telah Amat jarang didapati di hutan-hutan di pulau jawa. adapun beberapa penyebab menghilangnya burung kepodang di habitatnya antara lain merupakan lantaran perburuan liar yang dengannya senapan angin, penangkapan yng berlebihan, dan adanya tradisi warga atau juga bisa dikatakan masyarakat terdahulu yng mempergunakan burung kepodang ini menjadi satu dari sekian banyaknya media dalam upacara ritual dan belum adanya bisnis penangkaran burun kepodang yng konsisten. Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/12/mengenal-kepodang-dan-perawatannya.html.

Seputar Mengenal Kepodang Dan Perawatannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Kepodang Dan Perawatannya