Murai Batu Si Burung Mewah

- 1:36 AM

Murai Batu Si Burung Mewah

 
Murai Batu siapa yng tak kenal yang dengannya burung yng terkenal dari kicauannya yng Amat indah, di samping itu penyebarannya yng ada dari Sumatera sampai-sampai kalimantan ini begitu punya ceritanya sendiri bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikuak. Kemewahannya adalah menjadi pembicaraan dalam tulisan atau artikel ini yng memanglah burung murai batu merupakan jenis burung yng dicari oleh pecinta burung dan diperdagangkan yang dengannya harga yng tak murah tentunya.
Dari ragamnya Murai batu yng tersebar di Indonesia terdapat sekitar enam jenis di antaranya: Murai Batu Jambi, Murai Batu Borneo, Murai Batu Medan, Murai Batu Jawa ataupun Larwo, Murai Batu Nias, serta Murai Batu Aceh. Ke seluruh dari ragam jenis murai batu yang telah di sebutkan merupakan bernilai tidak murah. Banyaknya penangkaran di tidak sedikit daerah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperdagangkan burung murai batu taklah lahir tanpa karena melainkan lantaran banyaknya permintaan terhadap murai batu yang dengannya harga yng tidak murah juga.
Mengingat kisaran harga bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap murai batu yng telah matang bertarung ataupun cagor bisa atau mampu ditaksir yang dengannya harga tiga jutaan, lebih dari itu bagi murai batu yng menang dalam event lomba burung mampu memiliki harga mencapai puluhan juta. Ini bukanlah mustahil mengingat perawatan murai batu taklah gampang serta penuh yang dengannya ekstra keras dalam melatih suaranya supaya bisa berkicau yang dengannya variasi yng tidak sedikit.
Bagi pecinta burung ocehan yng memilih burung murai batu taklah sembarangan dalam menilik bakalannya, butuh keahlian serius dalam menentukan jenis bakalan murai batu semisal apa yng memiliki mental kuat, bunyi tidak jelek alias bagus serta postur tubuh yng sesuai. Menjadikan dari seluruh itu membawa murai batu tempatnya di hati orang-orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawatnya serta melatihnya menjadi burung petarung yng handal dalam memenangi tidak sedikit kejuaraan burung ocehan.

Tidak kalah hebat dalam kemewahan event bagi murai batu, adalah dibukanya kelas khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperlombakan murai batu yang dengannya hadiah pula yng banyak sekali. Dari perlombaan ini para murai batu dari aneka macam jenis di Nusantara bisa atau mampu menunjukan kemegahan suaranya yng variasi dan mental yng kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat takut murai batu yng lain.
Dari jenis spesies yng tergolong dalam kelompok Turdidae adalah burung yng memiliki bunyi yng indah, taklah ada diantara jenis-jenis murai batu yng disebutkan tadi yng mempunyai bunyi yng tidak bagus. Ini bisa dilihat dari eloknya badannya yng memiliki bulu hitam dibalut warna merah dan bunyi yng mendesir mengikuti alunan bunyi air terjun.
Menawan juga dari perawatannya baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditangkarkan ataupun melatihnya menjadi burung cagor taklah sembarangan. Butuh kesabaran adalah kuncinya, mengingat dalam penangkaran lebih-lebih dalam prosesi perkawinan murai batu merupakan burung progresif kepada lawan jenisnya menjadikan jikalau tak hati-hati bisa membunuh lawan jenisnya. Di samping itu dalam menjinakkan murai batu liar pula butuh langkah yng percis yaitu kesabaran, prosesi penjinakan yng di lakukan mulai dari melakukan perubahan adaptasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk tak membuatnya stres, memilih jenis makanan yng sesuai menjadikan tak mengurangi nafsu makannya dan bisa atau mampu mengkondisikan sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk kenyamanannya adalah menunjukan akan kemewahan murai batu. Dari pelatihan suaranya bagi atau bisa juga dikatakan untuk tidak sedikit variasi, pemiliknya butuh mendengarkan bunyi burung ocehan kepada murai batu maupun mengajak murai batu yng telah mempunyai isian bunyi bagi atau bisa juga dikatakan untuk didekatkan yang dengannya burung ocehan lain-lainnya.
Merupakan yng demikian itu menjadi bukti murai batu merupakan si burung yng mewah yang dengannya eksotisme suaranya, gaya geraknya dalam bertarung, perawatannya, penangkarannya, dan melatih suaranya. Menjadi poin bagi pecinta burung ocehan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tidak salah memilih murai batu menjadi burung ocehan yng layak yang dengannya kemewahan yng dimilikinya.
Oleh : Satria Dwi Saputro
Gambar: google.com
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/07/murai-batu-si-burung-mewah.html.

Seputar Murai Batu Si Burung Mewah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Murai Batu Si Burung Mewah